Find Us On Social Media :

Ini Strategi Indosat Ooredoo Garap Pasar Enterprise di Indonesia

By Adam Rizal, Sabtu, 17 November 2018 | 17:00 WIB

Ilustrasi Indosat Ooredoo

Indosat Ooredoo baru akan melakukan pendekatan berbeda untuk pengguna enterprise dan akan berperan sebagai mitra perusahaan. Indosat Ooredoo akan menjadi rekan perusahaan untuk melakukan transformasi digital.

"Kami tidak lagi sebagai penjual, tapi involve di dalamnya (transformasi digital). Ini pendekatan yang fundamental karena kami juga harus siap agar bisa terlibat sejauh itu," kata Direktur Indosat Ooredoo Arief Musta'in.

Arief mengatakan Indosat Ooredoo sendiri memiliki beberapa jenis layanan seperti infrastruktur sebagai backbone dan layanan cloud yang berkembang menjadi digital payment hingga big data.

"Targetnya beragam Indosaat Ooredoo sendiri ingin masuk ke sektor transformasi layanan publik, termasuk pemerintah, media, hingga bidang energi," tuturnya.

Arief juga menargetkan layanan enterprise Indosat Ooredoo dapat menyumbang lebih besar untuk pendapatan perusahan. Ia menargetkan pendapatan dari layanan ini dapat berkontribusi hingga dua digit dari keseluruhan.

"Salah satu layanan kami ke depan adalah solusi penuh, yakni menawarkan transformasi digital. Sebab sekarang sudah bergeser, (layanan) konektivitas masih, tapi akan selalu turun," ujarnya.

Sekadar informasi, salah satu perhatian Indosat Ooredoo usai Chris Kanter menjadi orang nomor satu di Indosat Ooredoo adalah melakukan transformasi yang berfokus pada tiga hal utama, yakni people, proses, dan bisnis.

Sebelumnya, Indosat Ooredoo juga sudah menegaskan pihaknya akan berperan sebagai mitra perusahaan untuk melakukan transformasi digital.

"Melakukan transformasi digital bagi pelaku bisnis merupakan cara perusahaan agar tetap sustainable ke depannya. Ini kenyataan yang tidak bisa dihindari," tuturnya.

Group Head Business Product Indosat Ooredoo Budiharto menuturkan, transformasi perusahaan ke arah digital tidak lepas dari kehadiran digital customer.

"Konsumen saat ini tidak lepas dari smartphone dan interaksi yang lebih personal. Hal ini yang menjadi trigger perusahaan untuk selalu terhubung," ujarnya.

Dengan melakukan transformasi digital, perusahaan akan tetap relevan dengan para konsumennya. Dalam hal ini, Indosat Ooredoo mampu melakukannya karena sudah memiliki aset pendukung.

"Dengan Indosat Ooredoo Digital Solution, kami mampu melakukannya karena memiliki aset, termasuk konektivitas, hingga kemampuan untuk mengatur konektivitasnya," tuturnya.