Find Us On Social Media :

BlackBerry Akuisisi Perusahaan Keamanan Siber Cylance Rp20 Triliun

By Adam Rizal, Selasa, 20 November 2018 | 18:00 WIB

Ilustrasi Cylance

BlackBerry Ltd akan mengakuisisi sebuah perusahaan intelijen dan keamanan siber Cylance senilai USD1,4 miliar atau sekitar Rp20 triliun secara tunai.

BlackBerry harus mengakuisisi Cylance untuk membantu memperluas unit QNX-nya. QNX sendiri merupakan lini bisnis BlackBerry yang membangun platform perangkat lunak untuk mobil tanpa sopir Spark.

Bagian dari akusisi itu termasuk asumsi insentif karyawan yang belum dimiliki Cylance. BlackBerry mengatakan Cylance akan beroperasi sebagai unit bisnis terpisah di dalam perusahaan.

"Kepemimpinan Cylance dalam kecerdasan buatan dan cybersecurity akan segera melengkapi seluruh portofolio kami, terutama UEM dan QNX. Kami sangat bersemangat untuk bergabung dengan tim mereka dan memanfaatkan keahlian kami," kata CEO BlackBerry John Chen seperti dikutip TechCrunch.

"Kami percaya Cylance akan memberikan keuntungan pada kami dalam privasi, mobilitas yang aman, dan sistem yang tertanam akan membuat BlackBerry Spark sangat diperlukan untuk mewujudkan Enterprise of Things," lanjutnya.

Menurut laporan Business Insider, pembicaraan mengenai akuisisi ini telah selesai pekan lalu. Pembelian Cylane akan menjadi akuisisi terbesar BlackBerry sepanjang sejarah finansial perusahaan asal Kanada itu. Akuisi disebut akan selesai sebelum Februari 2019.

Sementara itu, Cylance sendiri baru-baru ini mempertimbangkan pengajuan diri sebagai perusahaan terbuka (IPO).

Perusahaan yang berbasis di California ini sendiri bergerak di produk berbasis AI (kecerdasan buatan) untuk mencegah serangan siber pada perusahaan.

Di sisi lain, BlackBerry merupakan perusahaan teknologi yang mendominasi pasar ponsel pintar satu dekade lalu.

Bisnis inti mereka telah bergeser ke penjualan perangkat lunak untuk mengelola perangkat seluler dan mobil tanpa sopir.

Chen telah mengarahkan BlackBerry menjadi perusahaan layanan sejak dia pertama kali menjabat sebagai pimpinan pada 2013.

Langkahnya dimulai dengan tertatih-tatih dengan mengakuisisi perusahaan finansial Fairfax.

Namun, strategi itu telah membuahkan hasil karena harga saham BlackBerry berada di USD6,51 ketikaChen bergabung dan kini harga sahamnya telah berada di USD 8,86.