Find Us On Social Media :

Hadirkan Dua Fitur Baru, Ini Keuntungannya Untuk Penjual di Tokopedia

By Rafki Fachrizal, Jumat, 23 November 2018 | 19:00 WIB

Ilustrasi Tokopedia

Menjelang akhir tahun ini, perusahaan e-commerce Tokopedia siapkan para penjualnya untuk menghadapi lonjakan pesanan dengan menghadirkan inovasi baru, yaitu fitur Saldo Prioritas dan Voucher Toko.

Fitur Saldo Prioritas menawarkan pembayaran dana di muka untuk para penjual hanya dengan memasukkan resi pengiriman. Fitur ini merupakan terobosan baru dan yang pertama di dunia e-commerce Indonesia. Inisiatif peluncuran fitur ini didasarkan pada adanya kesenjangan waktu antara penerimaan pesanan dan pemenuhan pesanan oleh penjual.

Samuel Sentana selaku Head of Fintech Tokopedia, mengungkapkan bahwa “Dengan mendapatkan pembayaran di muka, penjual bisa menggunakan uang tersebut untuk mempercepat perputaran modal bisnisnya.”

Selanjutnya, fitur Voucher Toko. Voucher Toko sendiri adalah sebuah fitur yang memfasilitasi penjual agar bisa membuat kode voucher promosinya sendiri, misalnya cashback atau potongan ongkos kirim yang ditujukan kepada calon pelanggan maupun pelanggan setia mereka di Tokopedia.

Garri Juanda, selaku Associate VP Seller Experience Tokopedia mengatakan “Dengan fitur ini, para penjual bisa menawarkan lebih banyak promosi khusus bagi pelanggan dan menjangkau pembeli yang masih di luar platform Tokopedia dengan cara menyebarkan voucher toko mereka di berbagai jejaring sosial, aplikasi chatting, bahkan mencantumkan kode voucher tokonya di flyers atau di depan kasir toko fisik mereka.”

Lebih lanjut, Penjual yang mengajukan Saldo Prioritas bisa langsung mendapatkan 80 persen dana pembayaran di muka. Sisa dana akan diterima setelah pembeli mengonfirmasi penerimaan barang. Para penjual yang membutuhkan arus kas lebih cepat mengaku terbantu dengan kehadiran fitur baru ini.

Begitu pula dengan Voucher Toko. Sejak diluncurkan awal November 2018 lalu, fitur ini mendapatkan respon positif dari para penjual maupun pembeli di Tokopedia. Saat ini, sudah ada lebih dari 30.000 penjual yang memanfaatkan fitur ini sebagai sarana promosi.