Find Us On Social Media :

5 Ponsel Pintar Xiaomi yang Pensiun dan Tidak Dapat Update Terbaru

By Adam Rizal, Senin, 26 November 2018 | 16:00 WIB

Ilustrasi Xiaomi Redmi Note 3

Xiaomi akan menghentikan update MIUI terbaru ke sejumlah lini ponsel Mi dan Redmi. Dari lini Mi, ada Mi 5, Mi 4, Mi 4C, dan Mi 4S. Sedangkan dari lini Redmi ada Redmi Note 3.

Nantinya, pembaruan antar muka MIUI 10.2 akan menjadi versi terakhir bagi Mi 5 dan Redmi Note 3 dan MIUI 10.1 akan menjadi pembaruan terakhir untuk Mi 4, Mi 4S, dan Mi 4C.

Jadi kelima smartphone itu tidak akan kebagian MIUI 11. Tahun lalu, Xiaomi juga menjadikan MIUI 9 sebagai versi firmware terakhir bagi enam perangkat jadul miliknya seperti dikutip BGR.

Xiaomi sendiri sangat konsisten meluncurkan pembaruan MIUI dan mempunyai rekam jejak yang baik dalam hal memperbarui OS smartphone mereka selama lima tahun ini.

Sekadar informasi, pembaruan Xiaomi MIUI 10 fokus pada pengalaman pengguna menyapukan jari ke layar smartphone Xiaomi. Hal itu menjadi lebih sederhana dan tampilan layar penuh pada perangkat.

Selain itu, Xiaomi MIUI 10 menghadirkan kemampuan AI yang lebih baik di kamera perangkat, termasuk smartphone lawas. Pembaruan software MIUI 10 ini juga membawa nada dering baru yang dapat menirukan suara alam, tergantung dari waktu dan lingkungan.

Xiaomi juga memboyong fitur "WhatsApp Cleaner" yang diboyong Xioami ke MIUI 10 Security App. Seperti namanya, fitur ini akan mempermudah pengguna untuk menghapus sejumlah file yang berhubungan dengan WhatsApp.

File seperti foto, video, voice notes, dokumen, GIF dan lainnya yang biasa dibagikan lewat WhatsApp, bisa dihapus dengan mudah lewat WhatsApp Cleaner, selain untuk membuat memori internal lebih lega.

Fitur itu terdapat di menu Setting App, lalu akan muncul fitur WhatsApp Cleaner seperti dikutip Gizmo China.

Selain WhatsApp Cleaner, MIUI 10 juga membawa fitur First Aid dan Test Network. Fitur First Aid bisa digunakan untuk memindai kinerja perangkat, jaringan, dan masalah baterai.

Jika terdeteksi masalah, fitur ini akan menawarkan perbaikan sekaligus. Sementara fitur Test Network bisa digunakan untuk mengukur kekuatan sinyal, termasuk sinyal WiFi, koneksi terbatas untuk aplikasi dan juga menawarkan pemindaian masalah jaringan.