Find Us On Social Media :

LINE Developer Day 2018: Ada Dua Nilai Kunci yang Ingin Dicapai LINE

By Rafki Fachrizal, Selasa, 27 November 2018 | 11:45 WIB

Line Developer Day 2018

Beberapa waktu lalu, LINE telah menyelenggarakan LINE Developer Day, konferensi teknologi yang rutin diadakan setiap tahun oleh Line sejak 2015 lalu.

Tahun ini, LINE Developer Day 2018 dilaksanakan di Happo-en, Tokyo, dengan menghadirkan 60 sesi di bawah tema “Next LINE”.

Pada ajang ini, lebih dari 1000 engineers yang berasal dari dalam maupun luar Jepang mempelajari tentang upaya LINE dalam mengembangkan bidang-bidang teknologi baru dan visi dari LINE untuk masa depan.

Pada sesi pembukaan konferensi tersebut, Park Eui-vin selaku CTO LINE menekankan dua istilah kunci sebagai nilai yang ingin dicapai oleh LINE melalui pengimplementasian Next LINE, yaitu “Connect” dan “Mutually Beneficial Ecosystem”.

“Nilai Connect ini merujuk pada tujuan untuk memperkaya ragam kehidupan pengguna dengan memperluas cara teknologi berinteraksi dengan manusia. Tidak hanya menggunakan layanan-layanan daring, konten, dan informasi saja, tapi juga melalui beragam perangkat yang bisa digunakan di dunia nyata, seperti pengeras suara dan automobiles,” terang Park.

“Sedangkan nilai Mutually Beneficial Ecosystem merupakan nilai yang merujuk pada tujuan untuk menciptakan sebuah ekosistem yang bisa menguntungkan para pengembang, pengguna, dan LINE. Tidak hanya tentang menghasilkan keuntungan melalui APIs, tetapi juga membuat sistem di mana nilai dan manfaat dari beragam layanan yang disediakan oleh para pengembang dapat dikembalikan kepada para pengguna” tambah Park.

Dalam acara tersebut, LINE juga mengumumkan Clova AI Tech Demo, sebuah situs yang memperkenalkan teknologi AI dari LINE, seperti OCR dan NLU (Pemahaman Bahasa Alami).

Sementara pada sesi Chatbot Engine, para pembicara menjelaskan cara untuk mengintegrasikan teknologi NLU untuk teks dan antarmuka suara yang saat ini belum tersedia di dalam LINE Messaging API.

Pada sesi ini juga dijelaskan bagaimana OCR bisa mengenali sejumlah karakter di dalam gambar, kemudian mengopi dan menyalin, serta menerjemahkan teks tersebut (saat ini layanan ini baru tersedia di LINE versi desktop).

Setelah 2019, nantinya LINE akan mengembangkan bisnis B2B dengan menyediakan teknologi AI dan lebih banyak lagi teknologi lain kepada para pengembang dan pebisnis pihak luar.