Find Us On Social Media :

Demi Mendukung Sang Idola, Fans PewDiePie Meretas Ribuan Printer

By Wisnu Nugroho, Minggu, 2 Desember 2018 | 21:38 WIB

Ilustrasi PewDiePie

Youtuber kondang PewDiePie ternyata memiliki fans militan. Saking militannya, fans ini telah meng-hack ratusan printer untuk mencetak selebaran yang mendorong pengguna internet untuk subscribe di channel Youtube PewDiePie.

Cerita berawal dari persaingan PewDiePie dengan saluran Youtube asal India, T-Series. Selama ini, PewDiePie bisa dibilang “raja” Youtube karena memiliki subscriber paling besar. Namun posisi puncak PewDiePie kini disaingi T-Series yang merupakan saluran musik India.

Bulan lalu, T-Series sempat menggeser posisi PewDiePie. Namun fans PewDiePie kemudian melakukan gerakan untuk mempromosikan akun PewDiePie di media sosial. Usaha ini berhasil, namun hanya sesaat. 

Akhir November ini, T-Series kembali mencatat jumlah subscriber terbesar. Hal ini membuat “gerah” seorang fans PewDiePie yang akhirnya meretas printer yang memiliki celah keamanan. Tidak diketahui persis siapa pelakunya, namun sebuah akun Twitter dengan nama @TheHackerGiraffe mengaku yang melakukan aksi ini.

Terhadap printer yang diserang, hacker ini mengirimkan perintah untuk mencetak selebaran yang mendorong orang menjadi subscriber PewDiePie.

Serangan yang dilakukan @TheHackerGiraffe ini sebenarnya menggunakan teknik lama. Peretas menggunakan tools bernama Printer Exploitation Toolkit (PET) yang telah dirilis sejak 2017 lalu. Tools ini pada dasarnya adalah automated script yang mengirim perintah pencetakan terhadap printer yang memiliki Internet Printing Protocol (IPP) port, Line Printer Daemon (LPD) port, dan 9100 port yang terhubung ke internet.

Lubang keamanan yang bisa dieksploitasi PET ini sebenarnya akan hilang jika printer sudah menggunakan firmware terbaru. Namun di luar sana ternyata masih banyak pemilik printer yang malas peningkatan firmware, sehingga serangan seperti ini masih efektif. Di sebuah forum Reddit, @TheHackerGiraffe mengaku membatasi serangan ke 50 ribu printer. Namun hacker ini menyakini, ia bisa menyerang sampai 800 ribu printer jika memang mau.

Untung saja, sang hacker “sekadar” mencetak selebaran dukungan ke PewDiePie. Karena tidak tertutup kemungkinan, lubang keamanan printer ini bisa dimanfaatkan untuk mencetak pesan berbau SARA atau hoax.

Jadi, jangan malas upgrade firmware printer Anda.