Find Us On Social Media :

Warga Surabaya Kini Bisa Bayar SIM dan SKCK dengan Mudah Lewat Go-Pay

By Rafki Fachrizal, Minggu, 2 Desember 2018 | 21:43 WIB

Kasat Lantas Polrestabes Surabaya mendampingi seorang mitra driver Go-Jek yang sedang melakukan pembayaran PNBP SIM dan SKCK melalui metode pembayaran Go-Pay

Beberapa waktu lalu, Satlantas Polrestabes Surabaya telah memperkenalkan E-volution Cashless Payment sebagai inovasi pembayaran PNBP SIM dan SKCK secara elektronik.

Dalam menghadirkan inovasi ini, Satlantas Polrestabes Surabaya menggandeng Go-Pay, uang elektronik terdepan di Indonesia bagian dari ekosistem Go-Pay.

Inisiatif berupa inovasi pembayaran nontunai ini merupakan langkah untuk meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakat Surabaya.

Pada acara peluncuran E-volution Cashless Payment, Kombes. Pol. Rudi Setiawan selaku Kapolrestabes Surabaya mengatakan “Jadi, kini masyarakat sudah tidak perlu menggunakan kartu atau mengeluarkan uang tunai lagi, semuanya sudah dapat menyelesaikan transaksinya dengan sangat mudah. Masyarakat cukup membawa handphone saja, langsung scan kode QR-nya, lalu langsung bisa bertransaksi.”

Rudi juga menambahkan bahwa program ini merupakan upaya Polrestabes Surabaya untuk mewujudkan transparansi.

Tidak hanya di Surabaya, kemudahan serupa juga sebelumnya telah diluncurkan di 6 kota lainnya, yaitu Gresik, Bekasi, Mojokerto, Sidoarjo, Pacitan, dan Madiun.

VP Regional Public Policy and Government Relations Go-Jek, Damar Juniarto mengatakan “Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia. Maka dengan kehadiran inovasi ini di Kota Surabaya, kami berharap bahwa dampak positif yang ditawarkan dapat dirasakan oleh masyarakat yang lebih luas.”

“Hal ini tentunya sejalan dengan misi utama Go-Pay dalam mempermudah akses layanan keuangan bagi jutaan keluarga di Indonesia, yaitu dengan menjembatani kebutuhan masyarakat akan layanan jasa keuangan formal yang sekaligus meningkatkan inklusi keuangan di masyarakat,” tambah Damar.

Inovasi berupa metode pembayaran digital ini juga dapat meminimalkan praktik pungutan liar (pungli) oleh petugas pelayanan serta meningkatkan efisiensi layanan publik.

Pengguna yang ingin melakukan pembayaran PNBP SIM dan SKCK, baik untuk membuat baru maupun memperpanjang, cukup membuka aplikasi Go-Jek dan memilih menu “Bayar” untuk melakukan scan kode QR yang tersedia pada loket pembayaran SIM dan SKCK, memasukkan jumlah yang ingin dibayarkan dan melakukan konfirmasi pembayaran.

Hal ini pun diharapkan dapat juga meningkatkan kepercayaan publik terhadap kinerja pelayanan publik.

Khusus pengguna Go-Pay yang melakukan pembayaran pada 1 Desember 2018 hingga 31 Desember 2018 akan mendapatkan cashback sebesar 20% yang akan langsung masuk ke saldo Go-Pay pengguna.

Melalui solusi teknologi yang menawarkan kemudahan serta kenyamanan, kini Go-Pay juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan berbagai pembayaran di luar ekosistem Go-Jek.

Kini, Go-Pay telah dimanfaatkan untuk pembayaran tiket Trans Semarang hingga berdonasi ke BAZNAS dan berbagai masjid di 9 kota di Indonesia melalui sedekah digital.