Find Us On Social Media :

Google for Indonesia: Komitmen untuk Dukung Ekonomi Digital Indonesia

By Rafki Fachrizal, Selasa, 4 Desember 2018 | 17:11 WIB

Para pembicara dalam acara Google for Indonesia 2018 yang digelar Selasa (4/12/18) di Ciputra Artpreneur, Jakarta.

Semua orang tentu tahu, bahwa saat ini Google sudah banyak memegang peranan penting dalam keseharian miliaran penduduk dunia dan juga menjadi perusahaan yang dikenal dengan berbagai platform-nya seperti Google Search, Google Maps, Gmail, Android, Google Play, Chrome dan YouTube.

Tidak berhenti untuk terus berinovasi, Google pun kembali meluncurkan produk dan platform terbarunya dalam acara bertajuk “Google for Indonesia”.

Digelar hari ini di Jakarta, Google juga turut mengumumkan kemitraan-kemitraan barunya yang akan membantu warga Indonesia untuk bersama dalam era ekonomi digital yang berkembang sangat pesat saat ini.

“Google for Indonesia” merupakan acara tahunan yang digelar Google dan tahun ini merupakan tahun ketiga acara ini digelar. Dalam acara ini hadir berbagai pembicara dari pihak Google dan juga pembicara lain yaitu Arief Yahya selaku Menteri Pariwisata Indonesia dan Nadiem Makariem selaku CEO Go-Jek.

Kembali mengenai inovasi terbaru yang diluncurkan, hari ini Google meluncurkan beberapa produk terbarunya seperti Jobs on Google Search yang membantu pencari kerja di Indonesia untuk menemukan dan mengikuti posting lowongan pekerjaan yang relevan.

Lalu, Google Go yang merupakan aplikasi yang membantu pengguna menemukan konten-konten di internet dan Asisten Google di WizPhone, ponsel kelas menengah pertama buatan Indonesia yang sudah dilengkapi dengan Asisten Google.

Tidak hanya itu, Google juga mengembangkan program pelatihan digital dan platform-nya untuk membantu developer aplikasi, usaha kecil, dan pengusaha perempuan di Indonesia agar dapat terus maju di era ekonomi digital saat ini.

Dalam acara tersebut, Randy Jusuf selaku Managing Director Google Indonesia, mengumumkan bahwa Google sudah melatih 110 ribu developer sejak 2016.

“Dengan lebih dari 50% populasinya memiliki akses internet, ekonomi digital yang berkembang pesat, dan bangkitnya startup Indonesia, negara ini sedang berancang-ancang untuk menjadi kekuatan digital yang besar. Di Google, kami bangga bisa menjadi bagian dari transformasi digital Indonesia,” ungkap Randy.

Program pelatihan keterampilan digital Google telah melatih satu juta UKM Indonesia sejak 2015 dan pada hari ini mengumumkan komitmen baru untuk melatih satu juta lagi UKM hingga 2020.