Find Us On Social Media :

Apa saja Keuntungan Jadi Anggota ACHI di Indonesia?

By Adam Rizal, Kamis, 6 Desember 2018 | 16:30 WIB

(Ki-Ka)_ Rendy Maulana Akbar - Ketua Umum ACHI ; Achmad Yahya Sjarifuddin - Sekretaris Jenderal ACHI

Beberapa perusahaan lokal yang bergerak di bidang cloud computing dan web hosting, yaitu Qwords, CBNCloud, BiznetGio, Masterweb Network, Infinys, IDwebhost, dan Rumahweb sepakat membentuk Asosiasi Cloud dan Hosting Indonesia (ACHI).

ACHI sendiri sebagai wadah aspirasi dan melindungi industri dari kompetisi dan kepentingan yang beragam, baik dari dalam maupun luar negeri. ACHI menawarkan manfaat yang berbeda dengan asosiasi lainnya.

"Asosiasi ini kami tujukan untuk membentuk kompetisi yang sehat, serta membangun ekosistem di ranah cloud dan hosting bersama-sama. Juga untuk berbagi pengetahuan, sebab tidak semua informasi soal cloud dan hosting bisa ditemukan di internet," ujar Ketua Umum ACHI Rendy Maulana Akbar di Jakarta.

Rendy mengatakan saat ini jumlah pelaku usaha langsung dalam sektor cloud computing dan web hosting di Indonesia cukup besar dan berkembang pesat.

"Para pendiri ACHI yang terdiri dari 7 perusahaan hosting dan cloud terbesar di Indonesia sudah menjangkau lebih dari 50% market share di Indonesia, baik dari sisi jumlah nama domain maupun pelanggan," ujar Rendy.

ACHI menyebut asosiasinya berhubungan langsung dengan pelaku usaha di ranah cloud dan hosting, serta tidak hanya memberikan keuntungan kepada anggota asosiasi, juga kepada pelanggan dari anggota.

Selain itu, ACHI juga menghindari model predatori yaitu sesama pelaku industri saling berusaha untuk mematikan pelaku lainnya, dan justru saling bersinergi satu sama lain.

ACHI juga berharap dapat membuka bisnis bersama sehingga menjadi manfaat yang dapat dinikmati secara umum.

ACHI mengaku tidak menutup kemungkinan untuk bekerja sama dengan asosiasi lainnya, yang dapat mendukung dan terkait dengan pelaku industri anggota ACHI.

ACHI menargetkan untuk merangkul hingga 500 anggota pada tahun 2019 mendatang.

Sejurus dengan itu Achmad Yahya Sjarifuddin, Sekretaris Jenderal ACHI mengatakan masuknya beragam perusahaan cloud computing dan web hosting asing di Indonesia dapat menjadi pemicu bagi perusahaan lokal untuk berbenah diri dalam menghadapi persaingan global.

“Seminar dan diskusi panel hari ini ini diharapkan dapat menghasilkan kesimpulan solutif untuk semakin mempersiapkan anggota ACHI serta juga pelaku industri sejenis dalam menghadapi tantangan yang sudah ada di depan mata," tambah Achmad.