Find Us On Social Media :

Daftar Kecanggihan chipset Qualcomm Snapdragon 855 dan Fiturnya

By Adam Rizal, Jumat, 7 Desember 2018 | 14:00 WIB

Ilustrasi Qualcomm Snapdragon 855

Perusahaan chip Qualcomm resmi meluncurkan Snapdragaon 855 sekaligus menjadi penerus Snapdragon 845.

Dari sisi kinerja, chipset ini jelas tampil lebih gahar dari pendahulunya karena Snapdragon 855 menggunaan CPU Qualcomm Kryo 485 yang dibangun atas teknologi Arm Cortex.

"Snapdragon 855 hadir dengan CPU yang lebih cepat 45 persen dan GPU 20 persen dari generasi sebelumnya," tutur Senior Director Product Management Qualcomm Technologies, Travis Lanier.

Chipset 855 sudah memiliki prosesor Hexagon untuk keperluan kecerdasan buatan. Dengan dukungan Adreno, Kyro, dan prosesor Hexagon yang dapat bekerja bersamaan, Qualcomm menyebutnya sebagai 4th Gen AI Engine.

Kini Snapdragon 855 sudah mendukung HDR 10+ dan fitur Dolby Vision. Pengalaman audio juga ditingkatkan dengan codec Qualcomm aptX Adaptive. Teknologi itu dirancang untuk memberikan pengalaman mendengar keluaran audio secara nirkabel yang mantap, berkualitas tinggi, dan memiliki latensi rendah.

Snapdragon 855 juga memungkinkan pengalaman menikmati hiburan Extended Reality (XR). Sekadar informasi, XR merupakan sebuah istilah penggabungan teknologi Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), dan Mixed Reality (MR).

Snapdragon 855 juga mendukung teknologi jaringan 5G dan mobile platform 5G pertama di dunia yang medukung mmWave dan sub-6. Qualcomm menyematkan modem 5G terpisah, yakni X50 untuk membuatnya mendukung jaringan tersebut.

Selain itu, Snapdragon 855 juga hadir dengan dukungan Wi-Fi 6-ready dan chipset juga sudah mendukung mmWave Wi-Fi memakai platform berdasarkan pada 802.11ay pertama di dunia.

Snapdragon 855 memiliki fitur Snapdragon Elite Gaming untuk menghadirkan pengalaman gaming yang lebih seru. Teknologi Snapdragon Elite Gaming memungkinkan GPU Adreno 640 untuk melakukan physically based rendering (PBR) sehingga performa akan meningkat 20 persen.

Teknologi itu memungkin ponsel pintar berbasis Snapdragon 855 dapat memainkan game-game berspesifikasi tinggi dan teknologi itu memiliki algoritma khusus dropped frames lebih dari 90 persen.

Selain itu, Snapdragon Elie Gaming mampu menampilkan complex cinematic color grading, depth of field, filmic tone-mapping, hingga HDR untuk menghasilkan kualitas game yang lebih baik.