Find Us On Social Media :

Tsunami Anyer Sempat Bikin Jaringan Telkomsel, Indosat, dan XL Terputus

By Adam Rizal, Minggu, 23 Desember 2018 | 15:00 WIB

Ilustrasi Menara BTS

Gelombang tsunami telah menerjang Banten dan Lampung serta titiknya berasal di Selat Sunda.

BMKG menduga tsunami diakibatkan erupsi Gunung Anak Krakatau bukan karena gempa tektoknik.

Tentunya, tsunami itu menyebabkan gangguan terhadap jaringan operator telekomunikasi Telkomsel, Indosat Ooredoo dan XL.

Telkomsel mengatakan layanannya masih berjalan normal dan Telkomsel telah memasang genset terhadap BTS yang tidak berfungsi karena padamnya listrik.

"Telkomsel menyampaikan duka cita yang mendalam untuk para korban dan keluarga yang ditinggalkan. Secara umum layanan komunikasi Telkomsel telah berjalan normal sampai dengan pagi ini pukul 07.00 WIB," kata Manager Corporate Communication Telkomsel Area Jabotabek Jabar Aldin Hasyim.

Ia memastikan BTS Telkomsel tidak terkena gelombang tinggi air laut tetapi beberapa layanan BTS yang tidak berfungsi akibat padamnya arus listrik dari PLN.

"Upaya Pemasangan Genset pada BTS yang padam listriknya sedang dilakukan agar layanan komunikasi kembali pulih," tuturnya.

Sementara itu Indosat Ooredo menyatakan kondisi jaringan telekomunikasinya secara umum masih aman dan lancar walaupun ada beberapa BTS terganggu, terkait tsunami Anyer.

"Kondisi jaringan telekomunikasi Indosat dalam kondisi aman dan masih melayani masyarakat di sekitar lokasi walaupun beberapa BTS mengalami gangguan karena ketiadaan pasokan listrik dari PLN," kata Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo Turina Farouk lewat pernyataan tertulisnya.

Saat ini tim teknis jaringan Indosat terus memantau situasi dan akan berupaya untuk memulihkan kondisi jaringan sesegera mungkin.

Selain itu, Indosat Ooredoo juga memantau kondisi masyarakat terdampak bencana untuk menyiapkan kegiatan dan bantuan sosial yang dibutuhkan dalam situasi darurat, sehingga dapat meringankan beban masyarakat terdampak bencana.

Selain itu, XL Axiata menyatakan layanannya di sekitar Pandeglang dan Anyer tak terdampak Tsunami di wilayah Banten.

"Alhamdulillah jaringan kami di sekitar Pandeglang/Anyer sejauh ini aman dan normal. Tidak terdampak dengan adanya kejadian tersebut," kata Juru Bicara XL Tri Wahyuningtyas.

"Tim kami di lapangan juga akan terus memastikan semua layanan berjalan normal. Dan kami turut berduka dan prihatin atas bencana yang terjadi. Semoga masyarakat di sana selalu diberikan kekuatan dalam melewati masa sulit ini," ucapnya.