Find Us On Social Media :

Keren! Kafe di Korsel ini Pekerjakan Robot Barista Berbasis 5G

By Adam Rizal, Sabtu, 29 Desember 2018 | 15:00 WIB

Operator telekomunikasi KT telah menerapkan teknologi jaringan 5G di Korea Selatan (Korsel)

Operator telekomunikasi KT telah menerapkan teknologi jaringan 5G di Korea Selatan (Korsel).

KT pun menggandeng waralaba kopi lokal dal.komm untuk menguji kemampuan jaringan 5G-nya dengan mempekerjakan robot barista tak berawak di kafe B; eat di dekat Stasiun Gangnam di Seoul selatan, Korsel.

Robot barista itu akan menerima pesanan dan menyajikan minuman dan kopi kepada pelanggan. KT memasang hotspot seluler 5G (MHS) di kedai kopi sehingga robot dapat menerima sinyal dari BTS. Jaringan 5G di kafe itu digunakan untuk mengirim status robot.

"Status robot dan CCTV berkualitas tinggi dikirim ke menara kontrol 24 jam sehari. Robot juga mengenali pengunjung dan mengirim rekaman video kepada manajer,” kata pihak KT seperti dikutip Korean Times.

Kedai kopi itu diklaim sebagai yang pertama di dunia yang menampilkan robot barista ber jaringan 5G.

"Kafe barista milik KT adalah kafe robot 5G pertama di dunia. Kafe itu menawarkan layanan 5G secara nyata," kata Park Hyun-jin (Kepala Divisi Bisnis 5G KT.

Robot berbasis jaringan 5G akan menjadi platform inovatif yang dapat membawa perubahan bagi konsumen dan seluruh industri, bukan hanya di Korea Selatan.

Untuk membuat robot lebih pintar, KT akan menerapkan teknologi pengenalan suara dan kecerdasan buatan alias artificial intelligence.

"Pelanggan bakal bisa membuat pesanan suara dan menerima lebih banyak layanan yang disesuaikan melalui teknologi kecerdasan buatan," pungkasnya.