Find Us On Social Media :

Ada 113 Miliar Aplikasi Diunduh Tahun ini, Terbanyak Game Mobile

By Adam Rizal, Senin, 31 Desember 2018 | 15:00 WIB

Ada 113 Miliar Aplikasi Diunduh Tahun ini, Paling Banyak Game Mobile. Salah satunya PUBG

Platform analitik App Annie memprediksi angka aplikasi yang diunduh melampaui 113 miliar pada 2018, naik 10 persen dari tahun lalu.

Angka pembelanjaan pengguna ponsel juga meningkat lebih cepat yakni sekitar 20 persen dari tahun ke tahun melampaui USD76 miliar di seluruh dunia.

App Annie mendapatkan data-data tersebut dari App Store iOS Apple dan Google Play hingga 15 Desember 2018. Angka itu tidak termasuk toko aplikasi pihak ketiga Tiongkok yang berpotensi menambah besar jumlahnya.

App Annie memperkirakan jumlah pengunduhan aplikasi masih bisa sedikit meningkat pada akhir tahun ini, terutama karena pengguna membeli ponsel baru selama liburan seperti dikutip Tech Crunch.

App Annie mengatakan peningkatan belanja aplikasi konsumen berkat besarnya peminat game mobile.

Tahun ini, pasar game seluler terhitung lebih matang lantaran kehadiran game populer seperti Fortnite, PUBG, dan Roblox yang berkembang karena meningkatknya spesifikasi ponsel yang kian mumpuni, serta tren game lintas platform.

Di sisi lain, game hiper-casual juga berhasil hingga memuncaki angka unduhan dan belanja pengguna ponsel pada akhir tahun.

Skema berlangganan aplikasi juga turut membantu peningkatan belanja konsumen di 2018.

App Annie memperkirakan toko aplikasi (termasuk toko aplikasi pihak ketiga di China) akan mengantongi lebihd ari USD122 miliar pada 2019 dari kombinasi permainan dan berlangganan.

Analis App Annie memperkirakan di tahun 2019 tren yang muncul tidak akan jauh berbeda dengan tahun ini. Hal itu karena ponsel cerdas kedepannya masih memiliki kemampuan game multiplayer berkualitas konsol yang lebih kompleks dibandingkan beberapa tahun sebelumnya.

App Annie merupakan perusahaan platform analitik untuk aplikasi perangkat mobile. Perusahaan ini menggabungkan sistem analitik dari aplikasi internal dengan pemahaman terperinci mengenai persaingan dan pasar untuk memberi gambaran soal bisnis seluler.