Find Us On Social Media :

Canon akan Luncurkan Kamera DSLR Canon EOS-1DX Mark III Tahun Ini

By Adam Rizal, Rabu, 2 Januari 2019 | 06:00 WIB

Canon akan Luncurkan Kamera DSLR Canon EOS-1DX Mark III Tahun Ini

Lama berselang semenjak kemunculan EOS-1DX Mark II, kabar tentang penerus kamera DSLR full-frame model teratas dari Canon itu mulai berembus.

Salah satu informasi yang beredar menyebutkan bahwa Canon bakal merilis EOS-1DX Mark III (generasi ketiga) pada penghujung 2019, atau lebih dari tiga tahun setelah EOS-1DX Mark II diperkenalkan pada Februari 2016.

Belakangan ini Canon agaknya ingin lebih fokus menggarap lini kamera mirrorless yang semakin menggantikan peran DSLR tradisional seperti dikutip CanonRumors.

Bahkan sempat ada spekulasi bahwa EOS-1DX Mark III akan menjadi model terakhir dari lini kamera tersebut lantaran Canon agaknya makin bergeser ke pasar kamera mirrorless, seperti lewat Canon EOS R yang beberapa bulan lalu diresmikan di Indonesia.

Kemampuan kamera mirrorless saat ini -termasuk EOS R- mungkin masih belum bisa menggantikan peran EOS-1DX Mark III yang merupakan DSLR kelas profesional.

Sebagai model tertinggi di jajaran kamera DSLR Canon, seri EOS-1DX sealu dibekali bodi tertangguh, kinerja tercepat, fitur tercanggih, dan daya tahan baterai tinggi dari sang pabrikan untuk memenuhi tuntutan fotografer profesional di lapangan.

Lini kamera EOS-1DX pun agaknya masih akan terus dilanjutkan selagi perannya belm bisa diambil alih kamera mirrorless. Meski demikian, hingga saat ini masih belum ada bocoran spesifikasi tentang EOS-1DX Mark III.

Ada dugaan bahwa EOS-1DX Mark III akan mengusung sensor full-frame jenis baru berikut teknologi Dual-PIxel Auto Focus anyar dari Canon.

Selain EOS-1DX Mark III, pada 2019, Canon disinyalir bakal turut merilis kamera DSLR full-frame EOS-5D Mark V.