Find Us On Social Media :

LG Akan Andalkan Sejumlah Produk Baru dengan AI di Tahun 2019

By Cakrawala, Rabu, 2 Januari 2019 | 19:02 WIB

Proyektor HU85L merupakan salah produk andalan LG pada tahun 2019 yang dilengkapi dengan AI.

CES yang dikenal juga dengan Consumer Electronics Show merupakan acara yang sering digunakan untuk memperkenalkan aneka produk elektronik baru yang akan diandalkan suatu produsen. Selain diklaim sebagai acara teknologi terbesar di dunia, pameran ini juga biasanya dilakukan setiap awal tahun di Las Vegas, Amerika Serikat. Untuk CES 2019 yang akan datang, LG misalnya telah menyiapkan sejumlah produk baru yang mengandalkan AI (artificial intelligence) sebagai salah satu fiturnya. Dua di antaranya adalah LG HU85L dan LG SL9YG.

LG HU85L adalah sebuah proyektor yang mampu menghasilkan gambar dengan resolusi Ultra HD, tepatnya 3.840 x 2.160 pixel yang populer disebut dengan 4K. LG mengklaim HU85L didasarkan pada LG HU80K yang ditampilkan pada CES 2018. Dibandingkan LG HU80K yang juga mendukung 4K, LG HU85L membutuhkan jarak terhadap layar yang lebih pendek untuk menghasilkan gambar dengan ukuran yang serupa. LG HU85L merupakan proyektor ultra short throw.

Proyektor baru ini bisa menghasilkan gambar berdiagonal 90 inci dari jarak 2 inci (±5,08 cm) maupun gambar berdiagonal 120 inci dari jarak 7 inci (±17,78 cm). Bandingkan dengan LG HU80K yang membutuhkan jarak 9,5 kaki (±289,6 cm) untuk menghasilkan gambar berukuran 100 inci.

Masuk ke dalam jajaran CineBeam Laser 4K, LG HU85L menggunakan laser sebagai sumber cahayanya. Laser sendiri umumnya menawarkan umur pakai yang lebih lama dibandingkan lampu yang secara tradisional digunakan di proyektor. Adapun tingkat kecerahan yang bisa dihasilkan LG HU85L adalah 2.500 ANSI lumen.

AI yang dihadirkan LG pada HU85L sendiri lebih kepada kemudahan penggunaan, tepatnya memungkinkan pengguna untuk mengontrol proyektor ini menggunakan suara. Pengguna bisa berbicara pada remote control yang disebut dengan Magic Remote untuk memerintahkan LG HU85L melakukan sesuatu seperti masuk ke dalam mode off ketika film selesai diputar.

Ada sejumlah soundbar dilengkapi AI yang akan ditampilkan LG di CES 2019. Salah satunya adalah LG SL9YG ini.

Sementara LG SL9YG merupakan soundbar. Bekerja sama dengan Meridian Audio yang merupakan salah satu produsen yang menawarkan produk audio berkualitas tinggi, LG mengklaim SL9YG mampu memberikan suara yang bagus. Bahkan, LG pun menyebutkan SL9YG bisa memproses audio yang hanya stereo menjadi audio yang lebih dari dua kanal alias multikanal, tanpa menghasilkan distorsi. LG SL9YG mendukung pula Dolby Atmos and DTS:X.

Menariknya lagi, LG SL9YG dilengkapi dengan gyroscope. Tujuannya adalah mengetahui orientasi pemasangan dari soundbar bersangkutan, apakah ditempel di dinding atau ditaruh di suatu permukaan datar seperti kabinet. LG SL9YG akan mengoptimalkan suara yang dihasilkannya sesuai dengan orientasi pemasangannya itu.

Seperti LG HU85L, pemanfaatan AI pada LG SL9YG juga lebih kepada kemudahan penggunaan. LG SL9YG menyediakan Google Assistant. Pengguna bisa mengontrol LG SL9YG memanfaatkan suara. Pengguna juga bisa mengontrol perangkat lain yang sesuai menggunakan Google Assistant ini.