Find Us On Social Media :

Demi Popularitas PewDiePie, Hacker Bobol Keamanan Ribuan TV Pintar

By Adam Rizal, Sabtu, 5 Januari 2019 | 18:00 WIB

Ilustrasi PewDiePie

Hacker nekat membobol lebih dari 5.000 TV pintar perangkat streaming Chromecast dan speaker pintar Google Home untuk mempromosikan YouTuber Felix Kjellberg atau PewDiePie.

Kedua hacker yang mengaku bertanggung jawab adalah HackerGiraffe dan j3ws3r. Kedua hacker itu memanfaatkan pengaturan router yang membuat perangkat pintar tersebut dapat dilihat secara publik di Internet.

Kemudian keduanya mengambil alih kendali perangkat dan menampilkan video setiap 20 menit yang isinya mengajak pemilik perangkat untuk men-subscribe ke kanal YouTube PewDiePie.

HackerGiraffe mengatakan ia merupakan penggemar PewDiePie dan mengikuti meme 'Subscribe to PewDiePie' dan alasan utamanya adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang bagaimana perangkat pintar mereka bisa dengan mudah tereskpos online.

"Kami ingin membantu kalian, dan juga YouTuber favorit kami (khsusunya PewDiePie)," tulis keduanya di situs mereka seperti dikutip The Verge.

"Kami hanya ingin melindungi kalian dan menginformasikan kerentanan ini sebelum ada orang lain yang menyalahgunakannya," sambungnya.

HackerGiraffe dan Google pun menyarankan pengguna yang perangkatnya dibobol untuk memperbaikinya dengan cara mematikan Universal Plug and Play (UPnP) di router mereka.

Sebagai informasi, meme 'Subscribe to PewDiePie' muncul setelah persaingan antara PewDiePie dengan kanal musik asal India, T-Series untuk menjadi kanal dengan subscriber terbanyak.

PewDiePie sendiri masih berjaya sebagai kanal dengan jumlah subscriber terbanyak, dengan lebih dari 79 juta subscriber.

Ini merupakan kedua kalinya HackerGiraffe membobol perangkat online untuk mempromosikan kanal PewDiePie.

Pada bulan November tahun lalu, ia membobol ribuan printer dan memaksa printer untuk mencetak halaman yang berisi ajakan untuk subscribe ke kanal PewDiePie.