Trafik data operator seluler Hutchinson 3 Indonesia (Tri) dilaporkan mengalami kenaikan hingga 65 persen selama masa liburan Natal 2018 dan tahun baru 2019.
Tri mengatakan pertumbuhan trafik tersebut sebagian besar berasal dari aktivitas online game, video streaming, aplikasi navigasi, transportasi, dan belanja online.
Selama musim liburan di penghujung 2018 itu, Tri mencatat lebih dari 1 juta pelanggannya bermain game online. Kenaikan trafik data terkait aktivitas ini melonjak 90 persen dibandingkan hari biasa.
Selain main game, pengguna Tri juga doyan jalan-jalan selama liburan. Trafik data dari aplikasi navigasi seperti Google Maps dan Waze tercatat naik 85 persen.
Video streaming juga menyumbang kontribusi signifikan terhadap lonjakan trafik data Tri saat liburan akhir tahun, dengan peningkatan trafik sebesar 40 persen dari hari biasa.
Wilayah-wilayah yang mencatat kenaikan trafik tertinggi selama liburan akhir tahun 2018 adalah Cianjur, Sukabumi, Kediri, Gorontalo, dan Makassar, serta kota tujuan wisata seperti Yogyakarta, Solo, dan Bali.
Sebelumnya, untuk mengantisipasi lonjakan trafik selama musim liburan, pihak Tri memperkuat kapasitas jaringannya.
"Kami telah memperluas jaringan dengan lebih dari 7.000 BTS berteknologi 4.5G, 4G LTE, dan fiber optic berjaringan nasional," sebut Chief Technology Officer Tri Indonesia Desmond Cheung.
Sejumlah mobile BTS turut dikerahkan ke titik-titik tujuan wisata dan pusat keramaian, terutama rute perjalanan darat antar kota di Pulau Jawa.
Tri sendiri kini memiliki jaringan 4.5G di 171 kota dan jaringan 4G di 281 kota yang tersebar di pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Lombok.