Find Us On Social Media :

App Store Catat Pendapatan Rp17,1 Triliun Tahun Lalu

By Adam Rizal, Minggu, 6 Januari 2019 | 16:00 WIB

Ilustrasi App Store

Apple boleh saja mengeluh karena penjualan iPhone-nya meredup tetapi App Store sukses mencetak rekor dan meraup pemasukan yang sangat besar.

Selama musim liburan 2018, Apple secara global mencatatkan pemasukan USD 1,2 miliar atau sekitar Rp 17,1 triliun, yaitu dari 25 Desember sampai 31 Desember 2018, alias Natal dan Tahun Baru.

Bahkan di Amerika Serikat, App Store pun memecahkan rekor pemasukan dalam satu hari, yaitu pada Tahun Baru 2019, sebesar USD 322 juta atau sekitar Rp 4,5 triliun.

"Terima kasih atas pekerjaan yang menginspirasi dari para developer kami yang bertalenta dan dukungan dari konsumen kami di seluruh dunia yang luar biasa, App Store menutup 2018 yang luar biasa dan memulai 2019 dengan hebat," tulis Apple seperti dikutip Phone Arena.

Dari semua pemasukan itu, game dan aplikasi self-care adalah kategori yang paling populer untuk diunduh dan dibayar biaya langganannya. Contohnya saja game multiplayer seperti Fortnite dan PUBG adalah dua dari beberapa game paling banyak diunduh selama musim liburan.

Tak cuma itu, sejumlah layanan Apple pun mencatatkan rekor pemasukannya sendiri, seperti Apple Music, Cloud Services, Apple Pay dan bisnis iklan pencarian di App Store.