Find Us On Social Media :

Lengkapi Palapa Ring, Pemerintah Targetkan Satelit Multifungsi Selesai 2022

By Adam Rizal, Minggu, 6 Januari 2019 | 18:00 WIB

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memiliki misi utama untuk menyediakan jaringan internet cepat di seluruh Indonesia.

Karena itu, saat ini pemerintah sedang membangun infrastruktur palapa ring dan satelit multifungsi yang akan mengorbit pada 2022.

"Fokus selesaikan Palapa Ring tahun ini. (Paket) Barat dan Tengah kan sudah selesai, kita akan mengintegrasikan (dengan Paket Timur), targetnya 2019 pertengahan tahun (selesai)," kata Rudiantara.

Proyek satelit multifungsi merupakan kelanjutan dari pembangunan Palapa Ring yang ditargetkan rampung pertengahan 2019. Kementerian Kominfo harus membangun satelit sendiri supaya seluruh Indonesia bisa terhubung.

"Sehingga nantinya, jaringan telekomunikasi dan internet di Indonesia punya dua penyokong, Palapa Ring dan satelit," ujar Rudiantara.

Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo yang mengemban tugas ini, berupaya mengejar agar di tahun ini sudah mulai proses pembuatan satelit.

"Targetnya Q1 (2019) sudah ada kontraknya, sudah memutuskan siapa pemenangnya. Karena kita masih ada periode manufacturing yang makan waktu tiga tahun untuk kejar 2022," kata Direktur Infrastruktur BAKTI Bambang Noegroho.

Sementara menunggu proses tersebut, BAKTI akan menyewa satelit yang sudah ada untuk memenuhi kapasitas jangkauan.

"Kita plan-nya menyewa dari satelit existing. Setelah kita bangun satelit sendiri, itu akan meng-cover dengan kapasitas yang besar untuk akses internet," terang Nugie, sapaan akrabnya.

Saling Melengkapi

Sama-sama menyasar daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T), Palapa Ring dan satelit multifungsi nantinya akan saling melengkapi untuk menjangkau seluruh negeri.

"Satelit multifungsi sama tujuannya dengan Palapa Ring. Satelit nantinya akan meng-cover kapasitas dan wilayah yang tidak terjangkau Palapa Ring," papar Nugie.

Jangkauan satelit lebih cepat jika dibandingkan pembangunan jalur fiber optik. Di samping mahal dan prosesnya lama, ada area yang sulit dijangkau fiber optik sehingga satelit menjadi andalan untuk menjangkaunya.

"Satelit multifungsi ini akan fokus untuk akses internet. Jadi tidak akan tumpang tindih (dengan Palapa Ring) tapi saling melengkapi," tutupnya