Find Us On Social Media :

Inilah Perbedaan Segmentasi Pasar Ponsel Xiaomi, Redmi dan Pocophone

By Adam Rizal, Senin, 7 Januari 2019 | 17:00 WIB

Xiaomi Mi Play, Ponsel Kamera Ganda dengan Poni "Waterdrop"

Xiaomi baru saja memisahkan Redmi menjadi sebuah merek sendiri dan terpisah dari produk-produk Xiaomi di masa depan.

Selain Redmi, Xiaomi mengumumkan sub-brand Pocophone yang sudah memiliki satu produk bernama F1 pada pertengahan tahun 2018.

"Redmi dan Xiaomi akan mengambil segmen pasar yang berbeda. Ponsel Redmi akan fokus menggarap pasar yang "value for money" dengan harga produk berbanding lurus dengan kualitas yang dimiliki," kata Lei Jun (CEO Xiaomi).

Ponsel Redmi terbaru adalah Redmi Note 6 Pro menggunakan Snapdragon 636, RAM 3GB dan kapasitas internal 32GB serta banderol Rp3jutaan.

Sementara itu, Xiaomi akan fokus mengincar ponsel segmen menengah ke atas dan ponsel premium. Ponsel Xiaomi mungkin akan bersinggungan dengan Pocophone yang menyasar pasar sama.

Selama ini ponsel Xiaomi seri Mi A1 dan A2 telah mendapatkan sambutan positif dari pasar.

Xiaomi Mi A1 dan Mi A2 ditawarkan di atas harga Rp3 jutaan, Mi A1 saat diluncurkan pada akhir 2017 lalu dijual seharga Rp3,099 juta dan Mi A2 seharga Rp3,699 juta.

Xiaomi juga memiliki ponsel andalan lainnya yaitu Mi Mix walaupun Anda tidak hadir di Indonesia. Xiaomi Mi Mix 3 menggunakan prosesor berspesifikasi tinggi dengan chipset octa-core Snapdragon 845.

Segmentasi Xiaomi sangat mirip dengan sub-brand Pocophone yang sejak awal kemunculannya meluncurkan produk-produk flagship. Pocophone menawarkan produk yang premium, spesifikasi canggih dan harga yang tinggi.

Dalam blog resmi Xiaomi, Pocophone mengklaim berbeda dengan keluaran Mi. Mi menggarap produk flagship dengan spesifikas komplit yang dapat menjadi standard baru di industri.

Ponsel perdana dari Pocophone, F1 rilis pada pertengahan tahun lalu, termasuk di Indonesia.

Pocophone F1 memakai chipset Snapdragon 845, RAM 6GB dan kapasitas interna 64GB. Pocophone juga memberikan baterai besar untuk F1, sebanyak 4.000mAH.