Find Us On Social Media :

Intel Siap Hadirkan Prosesor 10 nm-nya Secara Massal Tahun Ini

By Cakrawala, Selasa, 8 Januari 2019 | 15:44 WIB

Gregory Bryant (Intel Senior Vice President in the Client Computing Group), menampilkan sebuah SoC Ice Lake dengan technology node 10 nm di CES 2019 pada 7 Januari 2019.

Pada CES 2019 yang sedang berlangsung di Las Vegas, Intel mengumumkan sejumlah inovasinya yang akan mulai dihadirkannya di dunia pada tahun 2019 ini. Salah satu di antaranya adalah mengenai produknya yang memiliki codename Ice Lake. Intel Ice Lake tersebut menggunakan technology node 10 nm dan diklaim akan hadir secara massal pada tahun ini. Sebenarnya prosesor Intel yang menggunakan technology node 10 nm kehadirannya secara massal ditargetkan beberapa tahun lalu. Namun Intel mengalami kendala. Prosesor Intel yang menggunakan technology node 10 nm sendiri sebenarnya sudah tersedia, tetapi prosesor dengan codename Cannon Lake itu varian dan jumlahnya terbatas.

Selain menggunakan technology node 10 nm, Intel Ice Lake ini juga memanfaatkan arsitektur baru. Arsitektur ini disebut dengan Sunny Cove. Dengan pembaruannya, Intel Sunny Cove diklaim mampu memberikan kinerja yang lebih tinggi dibandingkan arsitektur sebelumnya. Berhubung terdapat pula instruksi baru, selain mampu memberikan kinerja umum yang lebih tinggi, Intel Sunny Cove juga bisa memberikan kinerja lebih tinggi lagi ketika mengerjakan pekerjaan spesifik seperti kriptografi.

Penggunaan arsitektur baru itu, seperti halnya penggunaan technology node 10 nm pada produk massal, merupakan hal yang relatif dinanti. Pasalnya, arsitektur yang digunakan oleh Intel pada prosesor Core versi terkini masih serupa dengan prosesor Intel Core yang dikenal dengan codename Skylake. Padahal Intel Skylake diluncurkan pada tahun 2015 lalu dan merupakan prosesor Intel Core generasi keenam. Saat ini prosesor Intel Core telah mencapai generasi kesembilan.

Pemanfaatan technology node yang lebih kecil sendiri biasanya memungkinkan frekuensi kerja lebih tinggi dan/atau konsumsi daya yang lebih rendah. Dibandingkan Intel Core saat ini yang menggunakan technology node 14 nm, Intel Ice Lake bisa pula menawarkan hal yang serupa. Namun penggunaan arsitektur baru bisa saja mengubah hal tersebut. Yang jelas, kepadatan transistor dari Intel Ice Lake seharusnya lebih tinggi dari Intel Core terkini yang setara.

Adapun produk Intel Ice Lake yang akan hadir terlebih dahulu adalah yang ditujukan untuk perangkat mobile. Intel Core masa kini yang ditujukan untuk 2 in 1 dan notebook, sebagian hadir dengan PCH alias southbridge pada paketnya. Begitu pula dengan Intel Ice Lake.

Kehadiran Ice Lake pada tahun 2019 sebenarnya telah disebutkan Intel sebelumnya. Namun pada CES 2019, Intel kembali menegaskan rencananya itu. Bersamaan dengan penegasan ini, Intel juga mengumumkan beberapa varian baru prosesor Core generasi kesembilan untuk desktop-nya. Yang menarik, kebanyakan dari prosesor baru tersebut tidak "dilengkapi" dengan GPU alias tanpa Intel HD Graphics. Produk ini cocok untuk yang memang tidak berencana menggunakan GPU terintegrasi Intel.