Find Us On Social Media :

Hadirkan Dua Data Center di Indonesia, Alibaba Cloud Buka Peluang Munculnya Unicorn Baru

By Indah PM, Kamis, 10 Januari 2019 | 10:10 WIB

Rudiantara, launching Alibaba Cloud 2nd Data Center

Alibaba Cloud telah resmi meluncurkan data center keduanya di Indonesia, Rabu (9/1/2019) di Jakarta. Perusahaan komputasi awan di bawah bendera Alibaba Group ini menyebut kehadiran data center tersebut untuk menjawab permintaan dari pelanggan yang semakin meningkat.

Sebagai satu-satunya penyedia komputasi awan global yang memiliki data center di Indonesia, Alibaba Cloud menjanjikan kapasitas yang lebih tinggi dan kemampuan disaster recovery yang lebih kuat. Pelanggan juga dimungkinkan untuk melakukan mission critical workload di berbagai zona dan mengganti zona dalam hitungan detik. Total saat ini, Alibaba Cloud telah memiliki 55 availability zone yang tersebar di 19 wilayah di seluruh dunia.

Meningkatkan permintaan perusahaan Indonesia terhdap big data dan solusi analitik juga menjadi alasan Alibaba Cloud untuk meluncurkan Machine Learning for AI dan selanjutnya akan menghadirkan elastic search.  Tak hanya itu, Alibaba Cloud juga telah meluncurkan Smart Access Gateway (SAG), yakni sebuah solusi SD-WAN yang menyediakan solusi one-stop cloud connectivity untuk public cloud dan hybrid cloud environment.

Hadir dalam peluncuran data center kedua Alibaba Cloud, Rudiantara selalu Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Rudiantara menuturkan bahwa visi ekonomi digital Indonesia sudah dengan jelas menetapkan arah pembangunan kita di masa depan. “Target kami adalah mendorong decacorn dan unicorn baru, mempercepat pertumbuhan setidaknya 1.000 perusahaan rintisan dan membantu minimal delapan juta orang di industri pertanian dan perikanan tradisional, serta UKM untuk go digital,” tutur Rudiantara.

Senada dengan Rudiantara, Leon Chen (Alibaba Cloud General Manager of Singapore and Indonesia) menyebutkan bahwa dengan konektivitas yang lebih baik dan komunitas digital yang berkembang pesat, Indonesia mampu menghadirkan peluang besar bagi perusahaan lokal dan global.

Pada kesempatan yang sama, Alibaba Cloud juga meluncurkan program Internet Champion Global Accelerator sebagai wujud dukungan Alibaba Cloud terhadap visi “Go Digital 2020” melalui pemberian pelatihan, bimbingan dan peluang modal ventura kepada perusahaan dan profesional.

Di Indonesia, Alibaba Cloud menjalin kerjasama dengan tiga mitra distributor lokal, yakni PT Blue Power Technology, PT Sistech Kharisma, dan yang terbaru PT IndoInternet.