Find Us On Social Media :

Bukan Facebook, Laporan Konten Negatif Terbanyak dari Twitter

By Adam Rizal, Kamis, 10 Januari 2019 | 16:00 WIB

Ilustrasi Twitter

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menerima aduan konten netizen melalui situs aduankonten.id, media sosial @aduankonten dan nomor WhatsApp 08119224545.

Hasilnya, pemerintah mendapatkan laporan pengaduan konten negatif terbanyak berasal dari Twitter.

Data hingga Desember 2018 dari Subdirektorat Pengendalian Konten Internet Direktorat Pengendalian Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo menunjukkan pelaporan konten negatif di Twitter sebanyak 531.304

Sedangkan, pengaduan konten negatif di platform Facebook dan Instagram mencapai 11.740 dan YouTube dan Google sebanyak 3.287. Konten negatif di situs file sharing dilaporkan sebanyak 532 kali.

Total aduan konten negatif dari media sosial hingga 2018 mencapai 547.506 laporan.

Selain media sosial, Kominfo juga mendapatkan aduan dari layanan pesan instan, terbanyak dari Telegram sebanyak 614 laporan. LINE dan BBM masing-masing terdapat 19 dan 10 kali.

Kominfo, berdasarkan Undang-Undang No 11 Tahun 2018 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, membuat kategori konten negatif pornografi/pornografi anak; perjudian; pemerasan; penipuan; kekerasan/kekerasan anak; fitnah/pencemaran nama baik; pelanggaran kekayaan intelektual; produk dengan aturan khusus; provokasi sara; berita bohong; terorisme/radikalisme; serta informasi/dokumen elektronik melanggar undang-undang lainnya.

Hingga akhir tahun 2018, tercatat penanganan konten negatif sebanyak 984.441 konten. Tiga konten yang paling banyak ditangani adalah pornografi, perjudian dan penipuan.

Konten pornografi sebanyak 898.108, sementara perjudian sebanyak 78.698 dan konten yang penipuan 5.889.