Find Us On Social Media :

Inilah daftar skills paling dicari perusahaan di 2019 versi Linkedin

By Wisnu Nugroho, Kamis, 10 Januari 2019 | 19:17 WIB

Inilah daftar skills yang paling dicari di 2019

Menyambut tahun 2019, Linkedin merilis daftar keahlian atau skills yang paling dicari perusahaan di tahun ini. Daftar ini disusun berdasarkan perbandingan kebutuhan dan ketersediaan skills dari pengguna Linkedin di kota dengan jumlah pengguna Linkedin di atas 100 ribu.

Linkedin sendiri menyebut, setidaknya ada 50 ribu jenis profesional skills yang dimiliki pengguna Linkedin. Dengan merilis daftar ini, Linkedin berharap bisa memberi gambaran skills mana yang layak dipelajari.

Dari daftar yang dirilis Linkedin ini, bisa dilihat skill di dunia teknologi dan digital menjadi primadona. Hal ini tidak lepas dari kian pentingnya peran teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, jangan khawatir. Profesi yang mungkin terdengar “kuno” tetap akan menemukan relevansinya jika dikombinasikan dengan dunia digital.

Contohnya adalah kemampuan di bidang audio production. Biasanya skills ini lebih digunakan di industri radio. Namun keahlian ini belakangan banyak dibutuhkan untuk kebutuhan podcast dan digital ads.

Baca juga: Enam Situs untuk Belajar Artificial Intelligence

Yang menarik, daftar Linkedin ini tidak cuma soal hard skills, namun juga soft skills. Berdasarkan studi 2018 Workplace Learning Report yang pernah dilakukan Linkedin, 57% pemimpin perusahaan lebih mengutamakan soft skills dibanding hard skills. Hal ini tidak lepas dari begitu cepatnya perubahan di dunia bisnis, sehingga kemampuan untuk beradaptasi menjadi sangat penting.

Berikut adalah lima soft skills yang paling dicari di 2019:

  1. Kreativitas. Ketika robot bisa melakukan pekerjaan administratif dengan lebih baik, dibutuhkan talenta yang memiliki kreativitas tinggi untuk menjawab perubahan di masa depan.
  2. Persuasi. Sebagus apapun produk sebuah perusahaan, tidak akan maksimal tanpa dibarengi skills persuasi alias membujuk agar konsumen mau membeli produk tersebut.
  3. Kolaborasi. Semakin hari, sebuah project di dalam perusahaan akan semakin rumit. Hal ini membutuhkan skill kolaborasi agar anggota tim bisa saling dukung dan kerjasama.
  4. Adaptasi. Solusi yang berhasil hari ini, belum tentu berhasil di hari esok. Karena itu, kemampuan untuk beradaptasi menjadi krusial.
  5. Mengelola waktu. Ketika dunia bergerak demikian cepat, kemampuan mengelola waktu akan menentukan keberhasilan seorang karyawan dalam menjawab tantangan.

Sedangkan untuk hard skills, inilah yang paling dicari di 2019:

  1. Cloud Computing
  2. Artificial Intelligence
  3. Analytical Reasoning
  4. People Management
  5. UX Design
  6. Mobile Application Development
  7. Video Production
  8. Sales Leadership
  9. Translation
  10. Audio Production
  11. Natural Language Processing
  12. Scientific Computing
  13. Game Development
  14. Social Media Marketing
  15. Animation
  16. Business Analysis
  17. Jurnalism
  18. Digital Marketing
  19. Industrial Design
  20. Competitive Strategies
  21. Customer Service Systems
  22. Software Testing
  23. Data Science
  24. Computer Graphics
  25. Corporate Communications

Sambil merilis daftar ini, Linkedin juga menyediakan tautan untuk belajar masing-masing skills tersebut. Sebagian bahkan bisa diakses secara gratis. 

Jadi jika Anda berniat menambah skills baru, silakan kunjungi link ini.