Find Us On Social Media :

Tencent Kenalkan Asisten Digital "Xiaowei" Berbasis AI untuk WeChat

By Adam Rizal, Jumat, 11 Januari 2019 | 18:00 WIB

Tencent Kenalkan Asisten Digital "Xiaowei" untuk WeChat

Tencent Holdings Ltd akan meluncurkan asisten digital WeChat bernama "Xiaowei" yang berbasis kecerdasan buatan (AI) dan membantu pengguna WeChat untuk menjalankan tugas-tugas sederhana seperti memainkan musik dan memanggil kendaraan.

Nantinya, Xiaowei nantinya akan terhubung dengan sejumlah besar layanan Tencent seperti QQ Music dan terhubung dengan aplikasi ringan yang dijalankan oleh pihak ketiga.

Misalnya, Meituan Dianping atau Didi Chuxing yang menyediakan layanan berdasarkan permintaan pengguna mulai dari jasa pengiriman makanan hingga jasa transportasi.

Nantinya, Xiaowei akan menantang asisten pintar Amazon Alexa dan Apple Siri.

Seperti Alibaba Group Holding Ltd dan Baidu Inc, Tencent juga menjual speaker pintar yang mengintegrasikan asisten digitalnya ke WeChat, platform media sosial paling populer di Tiongkok seperti dikutip The Star.

Tencent sangat lambat melakukan gebrakan dan menguasai pasar asisten pintar di Tiongkok, mengingat Amazon dan Google absen hadir di pasar Tiongkok.

Karena itu, saat ini banyak warga Tiongkok yang sudah berpaling menginstal layanan seperti Siri untuk berbagai keperluan, mulai dari ponsel hingga lemari es.

Tencent juga mempercepat monetisasi iklan pada Mini Programs, sebuah platform untuk aplikasi eksternal yang berada di atas layanan pesan inti WeChat.

"Perusahaan akan bereksperimen dengan lebih banyak format iklan sambil menambahkan inventaris," kata eksekutif perusahaan, Du Jiahui.

Pada saat yang sama, Tencent ingin membuat lebih banyak perusahaan menggunakan layanannya.

Tencent terus bertarung dengan miliarder Jack Ma pemilik Alipay di pasar pembayaran mobile yang dimenangkan oleh WeChat.