Find Us On Social Media :

D-Link Umumkan Kehadiran DCS-8330LH dengan Zibee pada CES 2019

By Cakrawala, Jumat, 11 Januari 2019 | 22:01 WIB

Pada CES 2019 yang berlangsung di Las Vegas Amerika Serikat dari tanggal 8 sampai 11 Januari 2019, berbagai produsen elektronik mengumumkan aneka produk barunya yang akan hadir di tahun 2019 ini. Salah satunya adalah D-Link yang mengumumkan kehadiran DCS-8330LH. D-Link DCS-8330LH adalah sebuah IP camera yang mengandalkan Wi-Fi untuk koneksinya.

Tak hanya itu, D-Link DCS-8330LH juga dilengkapi dengan smart home hub dengan Zigbee sehingga sejumlah perangkat D-Link lainnya bisa terhubung padanya dan memudahkan otomatisasi.

Zigbee sendiri didefinisikan sebagai bahasa nirkabel yang digunakan berbagai perangkat sehari-hari untuk terhubung satu dengan yang lain. Sekilas Zigbee ini mirip teknologi nirkabel lain seperti Wi-Fi dan Bluetooth, tetapi Zigbee sejak lama memiliki kelebihan pada dukungannya terhadap mesh (Bluetooth mesh networking baru belakangan tersedia).

Berbeda dengan Wi-Fi yang umumnya setiap perangkat terkoneksi ke "hub" secara langsung, Zigbee dengan mesh-nya memungkinkan suatu perangkat terhubung ke hub melalui perangkat lainnya. Jadi dengan Zigbee, suatu perangkat A yang jauh dari hub bisa terhubung ke perangkat B, lalu perangkat B terhubung ke perangkat C, demikian seterusnya sampai terhubung dengan hub.

Adapun perangkat D-Link yang bisa terhubung ke smart home hub pada D-Link DCS-8330LH antara lain adalah DCH-B112, DCH-B122, dan DCH-B212. D-Link DCH-B112 adalah sensor pintu/jendela, D-Link DCH-B122 adalah sensor gerakan, dan D-Link DCH-B212 adalah smart plug. Sementara untuk memudahkan penggunaan tersedia mydlink app.

Kombinasi semua perangkat tersebut memungkinkan sistem yang lebih cerdas. Contohnya pengguna akan mendapatkan notifikasi dari sensor ketika jendela terbuka atau adanya gerakan, lalu secara otomatis melakukan perekaman untuk merekam kejadian yang terjadi di rumah tersebut. Sistem ini juga bisa mendeteksi ketika pintu terbuka, lalu secara otomatis menghidupkan lampu.

D-Link DCS-8330LH juga mendukung Intelligent Video Analytics yang diklaim bisa mendeteksi pergerakan manusia (penghuni) maupun benda di rumah yang bergerak sehingga mengurangi false alarm. Selain resolusi Full HD, D-Link DCS-8330LH pun dilengkapi dengan LED inframerah untuk membantu penangkapan gambar saat gelap, audio dua arah, selot micro-SD, Bluetooth, dan kompatibel dengan Google Assistant, Alexa, and IFTTT.