Find Us On Social Media :

Perang Dagang AS vs Tiongkok Bikin Pengapalan Komputer PC Turun

By Adam Rizal, Minggu, 13 Januari 2019 | 15:00 WIB

Ilustrasi Komputer PC desktop

Dua lembaga riset kenamaan Gartner dan IDC melaporkan pengapalan dan pasar komputer PC belum bergairah dan masih lesu pada tahun lalu.

Berdasarkan data Gartner, total pengapalan PC menyentuh angka 68,6 juta unit secara global sepanjang Kuartal IV 2018, berbeda tipis dengan perhitungan IDC yang menyebut sebanyak 68,1 juta unit komputer dikapalkan selama periode tersebut.

Laporan keduanya menunjukkan penurunan sebesar 4 persen dibanding Kuartal IV 2017. Gartner dan IDC kompak menunjuk Lenovo sebagai penguasa pasar PC global sepanjang Kuartal IV 2018 dengan pangsa pasar melebihi 24 persen.

Di belakang Lenovo, ada HP, Dell, dan Apple. Untuk peringkat lima, Gartner menyebut Asus sedangkan IDC memunculkan nama Acer.

Secara keseluruhan, Gartner mencatat bahwa pengapalan PC global sepanjang 2018 lalu mencapai 259,4 juta unit turun 1,3 persen dibanding pada 2017.

Lantas, mengapa pasar PC dunia pada 2018 tampak lesu dibanding tahun sebelumnya?

Baik Gartner maupun IDC kompak menyebut penyebabnya adalah kelangkaan CPU serta tidak tentunya kondisi ekonomi dan politik sejumlah negara, seperti perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok.