Find Us On Social Media :

Wacom Bamboo Folio (Small): Ubah Goresan di Kertas ke Format Digital

By Dayu Akbar, Senin, 14 Januari 2019 | 08:00 WIB

Wacom menghadirkan perangkat smartpad yang merupakan suatu alas kertas pintar yang dilengkapi dengan pena digital. Tujuan dari perangkat ini adalah memindahkan tulisan tangan menggunakan pena di atas kertas ke format digital secara real-time. Jadi apa yang kita tulis, akan langsung tampil pada smartphone atau komputer tablet sehingga bisa langsung disimpan dalam format digital.

Dengan nama Bamboo Folio, smartpad versi Small ini menggunakan kertas atau notepad dengan ukuran sampai A5. Bamboo Folio juga tersedia dalam versi Large yang menggunakan kertas ukuran A4. Secara fisik, Bamboo Folio mirip dengan agenda buku catatan dengan cover pelindung. Pada bagian dalam, di sisi kanan terpasang buku catatan berukuran A5, tombol fungsi di bagian samping, serta port micro-USB di bagian bawah, sedangkan di sisi kiri dilengkapi dua selot khusus untuk menyimpan kartu.

Komponen terpenting pada perangkat ini ada pada pena yang disertakan. Pena khusus ini dirancang agar terhubung dengan smartphone atau komputer tablet menggunakan koneksi Bluetooth. Pena yang disertakan menggunakan tinta khusus yang dalam paket pembeliannya sudah disertakan pula satu tinta refill. Pena digital yang digunakan memiliki tingkat tekanan 1.042 yang memiliki sensor untuk mendeteksi jenis tekanan. Ini berguna untuk menulis atau menggambar dengan tingkat ketebalan berbeda.

Agar berfungsi, Anda mesti memasang aplikasi Wacom Inkspace Plus yang tersedia di Android dan iOS. Setelah terhubung, Anda bisa langsung menggambar apa pun yang diinginkan. Agar goresan pena bisa tampil secara real-time di perangkat yang terhubung, pastikan untuk mengaktifkan Live mode. Selain bisa disimpan ke format teks, image, vektor, dan video, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk meneruskan coretan yang pernah dibuat, sampai melakukan kolaborasi dengan pengguna lain.

Setelah mengaktifkan Live mode, setiap coretan akan langsung ditampilkan secara real-time ke gadget yang terhubung dengan koneksi Bluetooth.

Kesimpulan

Wacom Bamboo Folio bisa jadi alat yang memudahkan para pekerja kreatif dalam memindahkan karya mereka secara cepat ke format digital. Dukungan format file yang beragam, coretan yang bisa disunting, serta penggunaan yang mudah, jadi keunggulan yang cukup menarik.

Plus: Desain menarik, mudah digunakan, aplikasi Inkspace gratis, tidak harus menggunakan buku atau kertas A5 khusus.

Minus: Mahal, ekspor format file mesti menggunakan Inkspace versi berbayar.

Spesifikasi

Tipe    Folio Small
Ukuran kertas    Sampai A5
Ukuran smartpad    25,7 x 20,0 x 1,9 cm
Bobot smartpad    460 gr
Dimensi pena    14,0 x 1,1 cm
Bobot pena    17 gr
Koneksi    Bluetooth 4.0
Kompatibilitas sistem operasi iOS 8 k eatas, Android 4.3 ke atas, Windows 7 ke atas, MacOS X ke atas
Tingkat tekanan pena    1.024
Dukungan format penyimpanan Teks: DOC, TXT; Image: JPG, PNG; Vektor: PDF, SVG, WILL; Video: MP4
Kabel micro-USB (untuk pengisian baterai)
Daya tahan baterai Sampai 8 jam
Situs www.wacom.com
Garansi 1 tahun
Harga Rp2.305.000