Find Us On Social Media :

Gaji Programmer Netflix ternyata di Atas Google atau Facebook

By Wisnu Nugroho, Senin, 14 Januari 2019 | 08:54 WIB

Ketika bicara tentang perusahaan teknologi, nama yang paling sering disebut adalah Google, Microsoft, atau Apple. Dan karena programmer adalah tulang punggung perusahaan teknologi, kita mungkin berasumsi tiga perusahaan tersebut yang memberikan gaji paling tinggi bagi programmer.

Akan tetapi, perusahaan teknologi yang memberikan gaji paling tinggi ternyata adalah Netflix.  Menurut data Salary Project, gaji software engineer di Netflix berkisar antara US$325-600 ribu per tahun, dengan rata-rata di angka US$380 ribu (sekitar Rp.5,3 miliar per tahun atau Rp.440 juta/bulan).

Jika dibandingkan, gaji tersebut 32% lebih tinggi dibanding posisi yang sama di Facebook.

Gaji programmer Netflix ternyata 32% lebih tinggi dibanding Facebook

Netflix juga memberikan kompensasi yang lebih tinggi dibanding perusahaan lain bagi software engineer yang berpengalaman. Untuk programmer dengan pengalaman 2-5 tahun, Netflix bisa memberikan gaji sampai US$350 ribu. Sedangkan untuk programmer dengan pengalaman 6-13 tahun, gajinya bisa mencapai US$600 ribu.

Namun perlu dicatat, struktur gaji di Netflix sedikit berbeda dibanding perusahaan teknologi lain. Netflix terbilang jarang memberikan kompensasi saham kepada karyawannya, dan kalau pun ada, nilainya hanya sekitar US$10-40 ribu per tahun.

Hal ini berbeda dengan Google, Facebook, atau Amazon yang memberikan saham kepada karyawannya sebagai bagian dari remunerasi. Jadi selain mendapat gaji, karyawan Google atau Facebook biasanya mendapatkan saham dari perusahaan masing-masing.

Tentunya ada plus-minus dari pendekatan Netflix ini. Di satu sisi, karyawan Netflix akan mendapatkan gaji lebih besar dibanding sejawatnya, terlepas dari performa saham perusahaan video streaming itu. Namun dalam jangka panjang, pemasukan pegawai Google dan Facebook bisa jadi akan berlipat lebih besar jika nilai saham perusahaan melejit tinggi.

Salary Project sendiri adalah sebuah platform yang mengumpulkan informasi gaji karyawan dari berbagai perusahaan. Konsepnya adalah semua orang bisa memasukkan informasi gaji yang mereka terima, sehingga bisa dibandingkan dengan gaji di perusahaan lain. Dengan begitu, pengguna bisa membandingkan gaji di posisi yang sama di perusahaan yang lain.

Jika tertarik mengetahui atau berbagi perbandingan gaji Anda, silakan kunjungi Salary Project.