Find Us On Social Media :

Ini Biaya Pengawalan Bos Perusahaan Teknologi, Facebook Paling Mahal

By Wisnu Nugroho, Kamis, 17 Januari 2019 | 15:00 WIB

Dibandingkan dengan perusahaan teknologi lain, Facebook ternyata mengeluarkan biaya paling tinggi untuk melindungi pemimpinnya yaitu Mark Zuckerberg,

Mungkin Anda sering mendengar adagium “aset paling berharga bagi perusahaan adalah karyawan”. Dari seluruh ‘aset’ karyawan, yang paling berharga tentu saja eksekutif atau pimpinan perusahaan. Karena di tangan mereka, nasib perusahaan akan bergantung.

Tak heran jika perusahaan memberikan fasilitas maksimal bagi petingginya, termasuk perlindungan keamanan. Hal ini tercermin dari laporan Wired yang mengumpulkan data pengeluaran perusahaan teknologi untuk melindungi petingginya. Fyi, perusahaan yang terdaftar di bursa saham harus melaporkan neraca keuangannya, termasuk pengeluaran di berbagai pos anggaran.

Baca Juga : Gaji Programmer Netflix ternyata di Atas Google atau Facebook

Dari data yang terkumpul, Facebook ternyata mengeluarkan biaya paling tinggi. Untuk melindungi sang CEO, Mark Zuckerberg, Facebook mengeluarkan dana US$7,3 juta per tahun (sekitar 102 miliar per tahun atau Rp.280 juta per hari).

Bahkan di tahun-tahun mendatang, biaya untuk perlindungan Facebook bisa mencapai US$10 juta. Facebook juga mengeluarkan dana sampai US$2,7 juta per tahun untuk melindungi Chief Operating Office (COO)-nya, Sheryl Sandberg.

Biaya yang dikeluarkan Facebook untuk petingginya terbilang besar. Contohnya, Oracle “hanya” mengeluarkan US$1,7 juta untuk perlindungan CEO mereka, Larry Ellison. Bahkan untuk CEO Apple, Tim Cook, biayanya hanya sekitar US$318 ribu (lihat tabel untuk daftar selengkapnya).

Inilah perbandingan biaya pengawalan bos perusahaan teknologi

Tingginya pengeluaran Facebook untuk perlindungan eksekutifnya tak lepas dari kondisi saat ini. Berbagai insiden yang terjadi, seperti kebocoran data sampai tuduhan eksploitasi data untuk Pilpres AS, membuat posisi petinggi Facebook kian rentan.

“Peningkatan anggaran keamanan ini dibutuhkan karena semakin meningkatnya ancaman keamanan terhadap pendiri, chairman, dan CEO kami” tulis Facebook saat melaporkan kenaikan anggaran untuk perlindungan Mark Zuckerberg.

Baca Juga : Apa itu GDPR dan Mengapa Setiap Perusahaan Harus Mematuhi Aturan Ini

Meski terbilang jarang, insiden keamanan juga terjadi di lingkungan perusahaan teknologi. Desember tahun lalu, pegawai di kantor Facebook harus dievakuasi karena adanya ancaman bom.

Di bulan April, seorang wanita masuk ke kantor Youtube dan menembak tiga pegawai sebelum menembak dirinya sendiri. Mundur jauh ke belakang, pemimpin Adobe, Charles Geschke, mengalami penculikan dan harus diselamatkan oleh FBI.