Find Us On Social Media :

Kalah Bersaing dengan Android, Microsoft Hentikan Windows 10 Mobile

By Adam Rizal, Senin, 21 Januari 2019 | 16:00 WIB

Microsoft Hentikan Windows 10 Mobile, Pengguna Silakan Pindah ke iPhone

Akhirnya, Microsoft menghentikan sistem operasi (OS) Windows 10 Mobile dan tidak akan memberikan pembaruan apa pun termasuk pembaruan keamanan baru, perbaikan non-keamanan, berbagai opsi dukungan bantuan gratis, atau pembaruan konten teknis.

Microsoft pun menyarankan para pengguna ponsel Windows 10 Mobile untuk beralih ke iPhone atau perangkat Android. "Dengan berakhirnya OS Windows 10 Mobile, kami merekomendasikan konsumen untuk pindah ke perangkat iOS (iPhone) dan Android," kata Microsoft.

Faktanya, Windows 10 Mobile tidak berhasil mengalahkan dua kompetitor terberatnya Android dan iOS. Hal itu disebabkan Microsoft tidak menyiapkan ekosistem Windows 10 Mobile dengan matang.

"Kami memiliki pengalaman yang berbeda, tapi sangat jelas bahwa gangguan dalam model bisnis yang diwakili Android sangat besar. Selain itu, pengembangan versi awal Windows Phone kami pada platform Windows CE yang tidak lengkap, membuat kami kesulitan mengejar ketertinggalan," ujar Terry Myerson (Mantan pimpinan Windows Phone).

Sejauh ini Microsoft terus berusaha menghadirkan berbagai produknya untuk iPhone dan Android. Selain itu, perusahan juga bekerja sama dengan Samsung, yang menjual beberapa varian ponsel Galaxy flagship dengan bundel Office.

Windows 7

Berakhirnya dukungan Microsoft tidak hanya untuk Windows 10 Mobile, tetapi Windows 7 juga akan mengalami hal serupa.

Pengguna laptop atau komputer yang masih menggunakan OS Windows 7, sebaiknya bersiap untuk melakukan pembaruan OS.

Microsoft akan menghentikan dukungan pembaruan untuk Windows 7 mulai 14 Januari 2020. Itu berarti Microsoft tidak akan lagi menawarkan pembaruan atau perbaikan keamanan untuk OS yang dirilis pada 2009.

"Perubahan dan pembaruan adalah hal yang tak terelakkan dalam bidang teknologi," kata Wakil Presiden Korporat Microsoft 365, Brad Anderson seperti dikutip dari CNET.

Anderson melanjutkan, tidak ada waktu yang lebih baik untuk mulai mengorganisasikan hal-hal (atau file) yang masih dipakai ke desktop modern dengan Microsoft 365.

Meskipun akan menghentikan dukungan pembaruan OS Windows 7 untuk pengguna individu, Microsoft masih akan menyediakan dukungan pembaruan keamanan untuk pengguna enterprise yang melakukan pembayaran.