Find Us On Social Media :

Menurut Survei, Adopsi Cloud Diperkirakan akan Meningkat pada 2019

By Rafki Fachrizal, Senin, 21 Januari 2019 | 19:00 WIB

Ilustrasi cloud computing

Adopsi cloud di berbagai organisasi/perusahaan kini sudah sangat tinggi dan kemungkinan besar pertumbuhannya akan terus berlanjut di tahun 2019 ini. Kira-kira, begitulah kesimpulan utama dari laporan hasil survei yang baru-baru ini dirilis oleh perusahaan NetEnrich.

NetEnrich sendiri merupakan perusahaan TI asal Amerika Serikat dan merupakan mitra Microsoft yang berspesialisasi dalam mempercepat penyebaran, migrasi dan pengelolaan beban kerja aplikasi di Microsoft Azure.

Dalam survei online yang digelar pada Desember 2018 lalu, NetEnrich melibatkan responden yaitu 100 pengambil keputusan TI dan 500 karyawan di berbagai perusahaan besar untuk merangkum survei tersebut menjadi laporan yang bertajuk “Cloud Adoption NetEnrich 2019”.

Dalam laporan itu, 68 persen responden mengatakan bahwa organisasi/perusahaan mereka saat ini telah menggunakan infrastruktur cloud, sementara 27 persen lainnya mengatakan bahwa organisasi/perusahaan mereka memiliki rencana untuk melakukannya di masa depan.

Baca Juga : Film How To Train Your Dragon: The Hidden World Gunakan 600 TB Data

Menurut survei, sebagian besar organisasi/perusahaan sudah mengadopsi infrastuktur cloud

Angka-angka ini mungkin tidak mengejutkan, mengingat gempuran penawaran cloud yang menjanjikan untuk membantu memotong biaya dan merampingkan sistem organisasi/perusahaan kian marak dilakukan para penyedia layanan cloud ini.

Lebih lanjut, untuk mereka yang telah menggunakan infrastruktur cloud tersebut, dilaporkan bahwa hampir setengah dari seluruh responden (47 persen) menerapkan public cloud secara ekstensif di dalam produksi, sementara 38 persen lainnya menggunakannya secara moderat di lingkungan produksi mereka.

Para responden juga mengatakan mengenai beberapa manfaat lain dari public cloud, termasuk seperti efisiensi biaya dan optimalisasi infrastruktur TI. Meski demikian, dalam laporan tersebut hampir semua responden juga melaporkan kekhawatiran utama terkait dengan teknologi tersebut.

Baca Juga : Jika Ceroboh Ganti Nomor WhatApp, Ini yang akan Terjadi Kepada Anda

Sekitar 72% pembuat keputusan TI mengatakan bahwa cybersecurity adalah prioritas terbesar mereka pada 2019, dan 33% juga menyebut keamanan sebagai perhatian terbesar mereka ketika pindah ke cloud.

Untuk melihat secara lengkap hasil laporan dari survei ini, klik di sini