Find Us On Social Media :

Aplikasi Pilihan untuk Windows: Pickcel Digital Signage dan USB Raptor

By Cakrawala, Selasa, 22 Januari 2019 | 15:03 WIB

Pickcel Digital Signage

Pickcel Digital Signage adalah sebuah aplikasi yang merupakan player dari layanan bernama Pickcel. Pickcel sendiri merupakan SaaS (software as a service) digital signage. Pickcel Digital Signage bisa “mengubah” komputer Windows 10 menjadi digital signage yang kontennya bisa diberikan dari jarak jauh.

Meskipun hanya merupakan player, pada Pickcel Digital Signage tetap terdapat opsi Debug yang bisa membantu pada kondisi tertentu, misalnya troubleshooting. Ada juga opsi untuk menghapus cache maupun data.

Saat pertama kali menjalankan Pickcel Digital Signage, pengguna akan diberikan kode unik yang disebut display registration code. Kode unik ini adalah kode yang akan dimasukkan pada saat ingin menambahkan tampilan tersebut pada akun Pickcel yang dimiliki. Pastikan kode unik ini dicatat.

Sementara untuk menyusun konten dan pada tampilan mana konten tersebut akan dihadirkan, pengguna bisa melakukannya melalui enterprise.pickcel.com. Pada tahap awal pengguna tentunya perlu membuat akun terlebih dahulu. Akun ini merupakan akun trial.

USB Raptor

Salah satu cara untuk mengamankan PC desktop maupun notebook yang ditinggalkan sejenak di meja kerja adalah menguncinya dengan fasilitas yang ditawarkan oleh Windows 10. Namun jika Anda mencari cara yang berbeda untuk melakukan penguncian ini, USB Raptor bisa dicoba. Aplikasi itu akan melakukan penguncian ketika USB flash disk tertentu dilepaskan koneksinya dari komputer bersangkutan.

USB Raptor bisa diunduh di https://sourceforge.net/projects/usbraptor/ dan digunakan secara gratis. Setelah melakukan dekompresi terhadap file yang diunduh, Anda bisa langsung mengatur USB Raptor dengan menjalankan file EXE-nya.

Secara default, USB Raptor akan tampil dengan antarmuka sederhana. Namun, Anda bisa memilih antarmuka tingkat lanjut bila ingin melakukan pengaturan lebih jauh. Anda misalnya bisa memilih USB flash disk yang akan digunakan sebagai kunci, mengatur penundaan, dan mengaktifkan opsi pintu belakang yang memanfaatkan password. Setelah mengaktifkan USB Raptor, pastikan aplikasi ini diminimalkan ke system tray agar tetap berfungsi.