Find Us On Social Media :

HP dan Conclave Hadirkan HP Experience Corner di Conclave Wijaya

By Cakrawala, Minggu, 27 Januari 2019 | 07:00 WIB

David Tan (Managing Director HP Indonesia, kanan) berfoto bersama Akbar Brojosaputro (co-founder Conclave) sesaat setelah meluncurkan HP Experience Corner pertama di Conclave Wijaya beberapa waktu lalu

Sama-sama ingin terus berinovasi menjadi landasan HP dan Conclave berkerja sama menghadirkan HP Experience Corner pada coworking space milik Conclave di Jalan Wijaya Jakarta Selatan. HP Experience Corner adalah suatu tempat pada coworking space yang berisikan beberapa produk HP untuk digunakan secara gratis oleh anggota coworking space bersangkutan, maupun masyarakat dengan membayar sejumlah uang. Selain memberikan nilai tambah untuk Conclave, HP Experience Corner memudahkan anggota Conclave serta masyarat, termasuk UKM dan startup, untuk mencoba produk-produk HP dan merasakan bagaimana produk-produk tersebut membantu pekerjaan maupun bisnis mereka.

"Orang-orang ini [UKM dan startup - red] kadang kala mereka, ketika mereka memulai, mereka tidak selalu memiliki teknologi yang mereka inginkan, mereka tidak selalu memiliki uang yang mereka inginkan, Anda tahu, untuk membuat sebuah startup," ujar David Tan (Managing Director HP Indonesia). "Kami ingin kesempatan ini, kolaborasi dengan Conclave, untuk menyediakan produk-produk kami di sini untuk membolehkan orang-orang mencoba," jelasnya lagi.

Coworking space sendiri di Indonesia terus bertumbah. Beberapa sumber menyebutkan bahwa bila pada tahun 2016 jumlahnya baru puluhan, pada tahun 2018 yang baru lalu jumlahnya sudah melebihi dua ratus. Pasalnya, bekerja bagi banyak tenaga kerja masa kini tidak lagi dibatasi oleh lokasi alias kantor, melainkan lebih kepada aktivitasnya. Kaum milenial tersebut pula yang kini banyak mendirikan UKM dan startup yang memang merupakan segmen yang disasar HP.

Produk HP yang dihadirkan pada HP Experience Corner antara lain adalah notebook, PC all-in-one, printer, multifungsi, serta printer format besar. Pemilihan produk yang dihadirkan pun bukan sembarangan. Setidaknya sebagian dari produk tersebut memang perangkat yang banyak dibutuhkan oleh pengguna coworking space dari Conclave.

"Dua tahun terakhir terutama itu member kita cukup banyak yang hadir dari creative industry. Ada banyak desainer, arsitek, ilustrator, dan sesimpel yang kayak sekarang ada di sini, salah satunya dari printer A2 tadi di luar, itu something yang sebenarnya kan gak umum bisa dimiliki desainer, ilustrator, arsitek untuk kayak bisa, kayak bikin mockup, bikin apa segala macam, itu kan sulit nemuin benda itu," sebut Akbar Brojosaputro (co-founder Conclave). Lebih lanjut ia pun menegaskan bahwa pencetakan yang ditawarkan HP Experience Corner lebih kepada prototyping bukan produksi massal.

Adapun seluruh produk pada HP Experience Corner ini akan dipelihara oleh HP. Nantinya, HP pun bisa meningkatkan produk-produk tersebut dengan varian yang lebih baru. Ke depannya, tidak tertutup kemungkinan HP Experience Corner hadir di coworking space milik Conclave di lokasi lainnya. Begitu pula dengan coworking space milik perusahaan berbeda.