Dengan pertumbuhan popularitas platform pengiriman pesan saat ini dan menurunnya biaya penyimpanan di cloud, juga waktu implementasinya yang singkat, chatbot muncul sebagai penyelamat. Namun menghadirkan chatbot tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Rian Novianto, Co-founder dan Business Development Director 3Dolphins menjelaskan sejumlah tips dalam memilih solusi chatbot yang baik. Diantaranya yaitu chatbot mesti dibangun dengan teknologi Artificial Intelligence. Chatbot juga mesti tersedia di seluruh titik kontak dengan customer dan memiliki kemampuan untuk bekerja secara mulus dengan manusia. Agar berjalan dengan baik, sistem chatbot mesti terintegrasi dengan proses bisnis internal perusahaan atau organisasi. Tidak ketinggalan, chatbot juga mesti memiliki level enterprise.“Chatbot AI yang kami kembangkan yaitu 3Dolphins sudah digunakan oleh industri perbankan dan multifinance untuk melayani customer seperti memberikan penjelasan tentang produk, promosi, jadi customer support self-service, serta billing account management,” kata Rian dalam acara Digital Marketing for Multifinance di Jakarta, (22/1).Dia menegaskan khusus untuk perusahaan multifinance dan perbankan, solusi chatbot dan semua komponen AI-nya harus bisa diimplementasikan secara on-premise (dalam lingkungan internal perusahaan) sesuai dengan peraturan dari regulator. “Solusi 3Dolphins sejak awal pengembangannya dibuat khusus untuk level enterprise seperti yang diterapkan oleh perusahaan multifinance dan perbankan,” ujar Rian.