Find Us On Social Media :

3Dolphins Tawarkan Solusi Chatbot Khusus untuk Level Enterprise

By Dayu Akbar, Jumat, 25 Januari 2019 | 08:00 WIB

Rian Novianto, co-founder & Business Development Director 3Dolphins.

Dengan pertumbuhan popularitas platform pengiriman pesan saat ini dan menurunnya biaya penyimpanan di cloud, juga waktu implementasinya yang singkat, chatbot muncul sebagai penyelamat. Namun menghadirkan chatbot tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Rian Novianto, Co-founder dan Business Development Director 3Dolphins menjelaskan sejumlah tips dalam memilih solusi chatbot yang baik. Diantaranya yaitu chatbot mesti dibangun dengan teknologi Artificial Intelligence. Chatbot juga mesti tersedia di seluruh titik kontak dengan customer dan memiliki kemampuan untuk bekerja secara mulus dengan manusia. Agar berjalan dengan baik, sistem chatbot mesti terintegrasi dengan proses bisnis internal perusahaan atau organisasi. Tidak ketinggalan, chatbot juga mesti memiliki level enterprise.“Chatbot AI yang kami kembangkan yaitu 3Dolphins sudah digunakan oleh industri perbankan dan multifinance untuk melayani customer seperti memberikan penjelasan tentang produk, promosi, jadi customer support self-service, serta billing account management,” kata Rian dalam acara Digital Marketing for Multifinance di Jakarta, (22/1).Dia menegaskan khusus untuk perusahaan multifinance dan perbankan, solusi chatbot dan semua komponen AI-nya harus bisa diimplementasikan secara on-premise (dalam lingkungan internal perusahaan) sesuai dengan peraturan dari regulator. “Solusi 3Dolphins sejak awal pengembangannya dibuat khusus untuk level enterprise seperti yang diterapkan oleh perusahaan multifinance dan perbankan,” ujar Rian.

3Dolphins terdiri dari 2 solusi yaitu, Solusi Social CRM berupa omni channel contact center, dan Solusi ChatBot yang Dibangun dengan menggunakan (NLP) Natural Language Processing dan menggunakan Artificial Intelligence.Saat ini, kedua solusi ini telah dapat digunakan di 16 platform, yaitu Email, SMS, WhatsApp, Telegram, Blackberry Messenger, Facebook, Facebook Messenger, Instagram, Twitter, LINE, Skype, Microsoft Team, YouTube, Web Live Chat, Mobile Live Chat, dan Customer Walk-In.