Find Us On Social Media :

Facebook akan Gabungkan WhatsApp, Instagram, dan Messenger Tahun Depan

By Adam Rizal, Sabtu, 26 Januari 2019 | 18:00 WIB

PARIS, FRANCE - MAY 23: Facebook CEO Mark Zuckerberg leaves the Elysee Presidential Palace after th

Mark Zuckerberg (CEO Facebook) akan melakukan terobosan dengan mengintegrasikan sistem pada layanan WhatsApp, Instagram dan Facebook Messenger pada tahun depan.

Nantinya, ketiga layanan Facebook itu dapat saling terhubung dan bisa berkirim pesan satu sama lain.

Untungnya, Facebook memastikan ketiga aplikasi itu akan terus ada dan beroperasi sebagai aplikasi mandiri dan semua aplikasi itu akan menyediakan fitur pesan enkripsi end-to-end untuk menjamin keamanan.

Nantinya, pengguna Messenger bisa langsung berkirim pesan dengan pengguna WhatsApp. Cara itu menerobos batas layanan aplikasi pesan yang selama ini tidak bisa dilakukan oleh lintas platform.

"Kami ingin memberi pengalaman pengiriman pesan terbaik dan orang-orang ingin pengiriman pesan cepat, sederhana, andal dan privat," kata Facebook dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Android Authority.

"Kami berupaya membuat aplikasi pesan yang lebih aman dengan fitur terenkripsi end-to-end dan cara pengoperasian yang lebih mudah untuk menjangkau teman dan keluarga di seluruh jaringan," pungkasnya.

Facebook telah memulai pekerjaan untuk mengintegrasikan ketiga aplikasi sudah dimulai dari sekarang dan akan rampung pada akhir 2019 atau awal 2020.

"Kami masih dalam tahap awal pekerjaan dan berencana untuk menyelesaikannya pada akhir tahun ini atau pada awal 2020," bunyi laporan tersebut.

Sebenarnya, Facebook sudah mengintegrasikan aplikasi yang mereka garap. Misal, jika seorang pengguna Instagram mengunggah konten gambar di fitur Stories, maka ada pilihan agar konten itu bisa dibagikan pula ke Facebook Stories.