Find Us On Social Media :

YouTube Tidak akan Rekomendasikan Konten Video Konspirasi Bumi Datar

By Adam Rizal, Minggu, 27 Januari 2019 | 16:00 WIB

Ilustrasi YouTube

YouTube akan berhenti menayangkan video-video seperti teori bumi datar dan video konspirasi lainnya.

Alasannya, YouTube melihat video konspirasi memang menyenangkan dan menghibur karena membuat banyak penonton penasaran untuk berpikir sesuatu.

Namun, video konspirasi bumi data bisa membahayakan dan membuat orang terjerumus ke dalam konspirasi tersebut.

"Mereka bisa bertindak berdasarkan pemahaman yang salah dimengerti, yang bisa membahayakan diri mereka maupun orang lain," kata YouTube seperti dikutip dari Ubergizmo.

Karena itu, YouTube berusaha membuat video konspirasi untuk tidak masuk ke dalam daftar rekomendasi di layanannya, mengingat algoritma YouTube kerap menyuguhkan video-video bertemakan konspirasi.

"Kami akan mulai mengurangi rekomendasi konten yang memberikan informasi yang salah dan membahayakan, seperti video tentang obat mujarab palsu untuk penyakit serius, mengklaim bahwa bumi datar, atau membuat klaim palsu tentang peristiwa bersejarah seperti tragedi 9/11," kata YouTube.

Namun, YouTube akan memberi catatan bahwa YouTube hanya tidak merekomendasikan, bukan berarti video tersebut tidak tersedia di layanannya.

Pengguna masih bisa mencarinya dan tetap akan tayang selama masih sesuai dengan aturan YouTube.

"Kami rasa, perubahan ini merupakan upaya kami membuat YouTube bisa seimbang mengakomodir kebebasan berpendapat, namun juga menjalankan tanggung jawab kami kepada pengguna platform kami," tutup YouTube.