Find Us On Social Media :

Pakai WiFi Gratisan Rentan Dibobol Hacker, Ini Tips Pencegahannya

By Adam Rizal, Senin, 28 Januari 2019 | 17:00 WIB

Pakai WiFi Gratisan Rentan Dibobol Hacker, Ini Tips Pencegahannya

Biasanya, pengguna kerap menggunakan akses Internet gratisan di tempat umum dengan mengandalkan koneksi WiFi gratis supaya menghemat kuota data ponsel.

Apalagi, berbagai tempat umum, seperti bandara, kedai kopi, mall, hingga tempat makan pun sudah menawarkan koneksi WiFi gratis.

Sayangnya, para pengguna tidak sadar bahaya yang mengintai ketika menggunakan WiFi gratis.

Salah satunya adalah hacker sangat mudah menyusup ke perangkat dan mencuri data-data pribadi pengguna ketika pakai WiFi gratisan.

Dan Tan (Pakar Keamanan Siber Check Point Software Technologies) mempraktekkan betapa mudahnya seorang hacker mencuri data pengguna melalui jaringan WiFi gratis yang tersedia. Bahkan, hacker juga mengetahui apa yang dilakukan oleh korban ketika menghubungkan perangkatnya ke jaringan WiFi tersebut.

"Saat men-download aplikasi WiFi gratis buatan hacker, hacker sudah langsung mendapatkan akses ke semua fitur smartphone korban, termasuk mengetahui password, melihat isi email, dan mengakses berbagai dokumen," kata Tan seperti dilansir Channel News Asia.

Tan pun dapat mengirim file, serta mendengar percakapan korban tanpa sepengetahuan.

"Dengan data-data yang mampu dicuri, hacker dapat menirukan korban, mengetahui pernah bertemu dengan siapa saja, dan dapat tahu informasi tentang teman-teman kamu," kata Tan.

Tips

Lalu, bagaimana supaya hacker tidak bisa mencuri data-data pribadi Anda ketika menggunakan WiFi gratis?

Pertama, Anda tidak boleh memasukkan informasi pribadi ke layanan apapun ketika memakai jaringan WiFi gratis.

Kedua, Anda harus menginstal solusi keamanan terpercaya di perangkat mobile yang digunakan.