Find Us On Social Media :

Review Linksys Velop AC6600: Kinerja Tinggi dan Konfigurasi Mudah

By Dayu Akbar, Kamis, 31 Januari 2019 | 07:00 WIB

Perangkat nirkabel yang hadir dengan koneksi mesh belakangan ini kian banyak hadir di pasaran. Salah satunya adalah Linksys yang menghadirkan Velop. Linksys Velop yang kami uji kali ini terdiri dari tiga unit wireless router atau access point yang bisa saling terhubung satu sama lain melalui koneksi mesh. Namun, ketiga perangkat tersebut juga bisa digunakan sebagai perangkat mandiri.

Linksys Velop terdiri dari beberapa varian dan paket. Paket yang kami terima kali ini terdiri dari tiga unit wireless router atau access point yang disebut “node”. Ketiganya memiliki 3 pita operasi, 1 pita 2,4 GHz dan 2 pita 5 GHz, serta memiliki kecepatan maksimal AC6600 atau AC2200 per unitnya.

Untuk memudahkan konfigurasi bagi pengguna awam, Linksys Velop menyediakan proses konfigurasi awal melalui aplikasi mobile untuk Android dan iOS. Wizard yang ada di aplikasi Linksys tersebut akan menuntun Anda untuk menghubungkan perangkat ini ke internet, serta mengatur posisi perangkat tambahan lainnya.

Selain konfigurasi awal, aplikasi tersebut juga memungkinkan Anda untuk melakukan beberapa pengaturan lainnya seperti mengganti password dan beberapa konfigurasi. Namun jika Anda termasuk orang yang lebih suka melakukan konfigurasi melalui desktop, Linksys Velop pun memiliki panel kontrol web versi desktop dengan opsi pengaturan yang mirip aplikasi mobile.

Bicara kinerjanya, secara standar Linksys Velop menggabungkan seluruh pita operasinya menjadi satu, dan akan mengaturnya secara otomatis berdasarkan kompatibilitas perangkat yang terhubung dengannya. Dari pengujian yang kami lakukan, tercatat kecepatan rata-rata sekitar 246 Mbps, saat melakukan transfer data dari satu komputer ke komputer lainnya melalui dua perangkat Velop yang saling terhubung. Hanya saja, kecepatannya cenderung menurun saat jarak antara kedua perangkat agak berjauhan.

Konfigurasi pada Linksys Velop bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi mobile Linksys.

Kesimpulan

Kemudahan konfigurasi serta kinerja yang baik menjadi keunggulan utama Linksys Velop. Anda bisa mendapatkan kualitas sinyal nirkabel yang baik di kantor atau rumah tanpa perlu direpotkan dengan konfigurasi yang berbelit.

Plus: Desain ringkas, konfigurasi sangat mudah, kinerja baik

Minus: Kinerja jarak jauh agak kurang, harga cukup tinggi

Spesifikasi

Standar 802.11b, 802.11g, 802.11n, 802.11ac
Konektor 2 x WAN/LAN 1 Gbps (per unit)
Mode operasi Wireless router, access point
Kecepatan transfer data 400 Mbps (2,4 GHz 802.11b/g/n) + 867 Mbps (5 GHz 802.11ac) + 867 Mbps (5 GHz 802.11ac)
Fitur DHCP server, MAC address filter, URL filter, mobile app
Kelengkapan Power adapter, manual, kabel LAN
Situs www.linksys.com
Garansi 2 tahun
Harga (kisaran) Rp7.219.000