Find Us On Social Media :

Samsung Mulai Produksi Massal Media Simpan 1 TB untuk Smartphone

By Cakrawala, Rabu, 30 Januari 2019 | 19:03 WIB

Makin hari kapasitas media simpan yang terpasang pada smartphone makin besar. Bila dulu media simpan berkapasitas 16 GB menjadi standar di kelas mainstream, kini media simpan berkapasitas 64 GB banyak menjadi pilihan di kelas ini. Hari ini, Samsung pun mengumumkan bahwa ia telah memulai produksi massal dari media simpan eUFS (embedded Universal Flash Storage) 2.1 dengan kapasitas 1 TB. Bila ini nantinya digunakan pada smartphone, pengguna smartphone bersangkutan bisa menyimpan berbagai file-nya dengan lebih leluasa. Saat ini, smartphone yang menggunakan media simpan berkapasitas 512 GB sudah ada, tetapi smartphone flagship umumnya menggunakan media simpan sampai 256 GB.

"Sang eUFS 1 TB diharapkan akan memainkan peran yang sangat penting dalam menghadirkan pengalaman pengguna yang lebih menyerupai notebook pada perangkat mobile generasi berikutnya," sebut Cheol Choi (Executive Vice President of Memory Sales & Marketing, Samsung Electronics). "Terlebih lagi, Samsung berkomitmen untuk memastikan supply chain yang paling andal serta produksi dengan jumlah yang memadai untuk secara tepat waktu mendukung peluncuran berbagai smartphone flagship yang akan datang sehingga mengakselerasi pasar mobile secara global," tegasnya.

Tidak hanya kapasitas yang besar yang ditawarkan media simpan baru Samsung ini. Media simpan eUFS 1 TB ini juga memiliki kecepatan yang tinggi. Kecepatan sequential untuk baca yang ditawarkannya diklaim sampai 1.000 MB/s. Sebagai perbandingkan SSD dengan interconnect SATA 6 Gbps memiliki kecepatan sequential untuk baca yang tidak melebihi 600 MB/s. Pasalnya kecepatan teoritis maksimal dari SATA 6 Gbps adalah 600 MB/s. SSD SATA 6 Gbps yang bagus, kecepatan sequential untuk bacanya biasanya sekitar 550 MB/s. Dengan kata lain, Media simpan eUFS 1 TB tersebut diklaim bisa menawarkan kecepatan sequential untuk baca sekitar dua kalinya SSD SATA 6 Gbps yang bagus.

Meski tidak secepat untuk baca, kecepatan sequential untuk tulis dari eUFS 1 TB juga cukup tinggi. Media simpan Samsung ini diklaim bisa menulis secara sequential sampai 260 MB/s. Bandingkan dengan media simpan eMMC 5.1 dari Samsung yang bisa menulis secara sequential sampai 125 MB/s.

Begitu pula dengan kecepatan random untuk baca dan tulisnya. Meski belum setinggi SSD SATA 6 Gbps yang bagus, kecepatan random sebesar 58.000 IOPS untuk baca dan 50.000 IOPS untuk tulis sudah jauh lebih tinggi dari eMMC 5.1 milik Samsung yang sebesar 11.000 IOPS dan 13.000 IOPS.

Kecepatan yang tinggi ini tentunya membantu pengguna memanfaatkan media simpan Media simpan eUFS 1 TB itu. Kecepatan yang rendah tentu akan mengurangi kenyamanan pengguna ketika mengambil maupun menaruh file di sana.

Bila dibandingkan dengan media simpan eUFS 512 GB yang telah diproduksi Samsung sebelumnya, media simpan yang memanfaatkan flash memory ini umumnya memberikan peningkatan kinerja yang signifikan. Pengecualiannya pada kecepatan sequential untuk tulis.