Find Us On Social Media :

FSP Hadirkan PSU Flex ATX yang Modular untuk Tingkatkan Kemudahan

By Cakrawala, Kamis, 31 Januari 2019 | 13:40 WIB

FSP250-50FGBBI(M) merupakan salah satu PSU Flex ATX modular yang baru saja diluncurkan FSP.

PSU alias power supply unit merupakan salah satu komponen penting pada PC. Pasalnya unit ini bertanggung jawab untuk menyuplai daya ke komponen lainnya. Tak hanya satu form factor, PSU hadir pula dengan beberapa form factor. Tujuannya agar sesuai dengan PC tempat PSU tersebut akan dipasang, misalnya PC berukuran besar dengan motherboard ATX maupun PC berukuran kecil dengan motherboard yang lebih ringkas. Salah satu form factor dari PSU adalah Flex ATX yang ditujukan untuk PC ukuran kecil (SFF - small form factor) dan server 1U. Nah, FSP baru saja meluncurkan PSU dengan form factor Flex ATX yang modular. Desain yang modular tersebut tentunya akan meningkatkan kemudahaan penggunaan PSU ini.

Modular pada PSU maksudnya adalah setidaknya sebagian besar kabel-kabel yang ditujukan untuk meghubungkan PSU tersebut dengan komponen lain, bisa dilepas dan dipasang dengan mudah. Jadi, jika pengguna hanya membutuhkan satu kabel daya untuk SATA berhubung hanya menggunakan satu media simpan SATA, kabel daya untuk SATA lainnya yang tidak digunakan bisa dilepas dan disimpan. Hal ini akan mengurangi keruwetan kabel di dalam casing dan memudahkan pengguna menyusun kabel.

PSU yang modular bukanlah hal baru. PSU dengan form factor ATX banyak ditawarkan dengan desain modular ini. Namun, tidak demikian dengan PSU Flex ATX. Meski PSU Flex ATX yang modular sudah ada, tetapi jumlahnya tidak seumum PSU ATX. Dengan meluncurkan PSU Flex ATX yang modular, FSP pun menambah produsen PSU yang menawarkan produk seperti ini.

FSP mengklaim jajaran PSU Flex ATX-nya yang modular memiliki sejumlah opsi daya keluaran. Pilihan yang tersedia adalah 150 W, 180 W, 220 W, dan 250 W. Varian yang 220 W dan 250 W disebut pula telah memenuhi sertifikasi 80 PLUS Bronze. Dengan kata lain, kedua varian ini sewajarnya memiliki efisiensi daya yang bagus.

Selain itu, PSU Flex ATX dari FPS itu memiliki mounting hole yang dirancang khusus plus dilengkapi dengan bracket tambahan. Kombinasi ini diklaim membuat PSU bersangkutan kompatibel dengan 99% posisi lubang yang ada pada sasis di pasaran.