Find Us On Social Media :

Terjawab, Mengapa Harga Ponsel Huawei Mahal?

By Adam Rizal, Kamis, 31 Januari 2019 | 18:00 WIB

Ilustrasi Huawei Mate 20 Pro

Huawei sukses menggoyang pasar premium ponsel yang selama ini didominasi Apple iPhone dan Samsung Galaxy S-Series.

Terbukti, ponsel pintar flagship Huawei P20 Pro dan Huawei Mate 20 Pro sukses merebut hati pasar karena menawarkan keunggulan signifikan di bidang kamera.

Berkat penjualan ponsel yang laris, Huawei sukses menggusur Apple yang berada di posisi kedua sebagai vendor smartphone terbesar di dunia. Huawei pun optimis menggulingkan Samsung dari penguasa pasar ponsel pintar dunia tahun ini.

Namun, banyak netizen yang bertanya-tanya mengapa harga ponsel pintar flagship Huawei sangat mahal di pasar dan banderolnya sejajar dengan iPhone dan Galaxy S Series.

Country Head Huawei Device Indonesia, Fisher Jiang menjelaskan harga-harga ponsel Huawei yang mahal karena Huawei menitik beratkan anggaran kepada research and development (R&D).

"Beda dengan perusahaan smartphone Tiongkok lainnya yang hambur-hamburkan uang untuk merekrut brand ambassador atau beriklan di berbagai media besar, Huawei alokasikan uang tersebut ke research and development," katanya.

Fokus di R&D

"Tahun lalu, Huawei menduduki peringkat nomor 5 di dunia sebagai perusahaan dengan investasi teknologi R&D terbesar, sementara itu Apple berada di posisi ketujuh," ujarnya,

"Kami ingin pengguna yang membeli smartphone Huawei itu beli kualitas dan inovasi, bukan membayar untuk beriklan di media atau pun brand ambassador," tegas Jiang.

Harga Huawei Mate 20 Pro

Huawei memboyong smartphone premium Mate 20 series ke Indonesia yakni Mate 20 dan Mate 20 Pro. Perangkat ini dibanderol mulai Rp 8,999 juta untuk varian Mate 20. Sementara untuk Mate 20 Pro dijual seharga Rp 11,999 juta.

"Seri Mate ini selalu jadi benchmark untuk perangkat lain karena performanya yang lebih baik," pungkasnya.