Find Us On Social Media :

Lagi, Engineer Apple Ditangkap karena Mencuri Data Mobil Pintar Apple

By Wisnu Nugroho, Jumat, 1 Februari 2019 | 15:19 WIB

Engineer Apple ditangkap karena mencuri data rahasia terkait mobil pintar Apple

Pihak berwajib AS menangkap seorang hardware engineer Apple dengan tuduhan mencuri rahasia mobil pintar Apple. Engineer bernama Jizhong Chen ini diduga akan menjual rahasia tersebut ke salah satu perusahaan China.

Chen sebenarnya baru bergabung ke Apple di tahun 2018. Namun dalam waktu singkat, ia telah mengunduh 2000 dokumen terkait mobil pintar Apple, seperti manual dan skema mobil.

Kegiatan mata-mata Chen terungkap setelah ia diam-diam mengambil foto mobil Apple pada 11 Januari kemarin. Perbuatan Chen tersebut dilihat oleh rekan kerjanya, yang kemudian melaporkan ke manajemen Apple.

Chen sebenarnya sudah bersiap membawa kabur data curiannya itu ke China. Ia telah mengajukan cuti dengan alasan harus menengok keluarganya yang sakit di China. Namun seminggu sebelum keberangkatan, Chen dibekuk pihak berwajib.

Kali Kedua

Ini adalah kali kedua engineer Apple ditangkap dengan tuduhan pencurian hak intelektual mobil pintar. Pada bulan Juli 2018, pihak berwajib menangkap Zhang Xiaolang dengan tuduhan yang sama. Kala itu, Zhang bahkan sudah melewati imigrasi bandara San Jose sebelum akhirnya ditangkap pihak berwajib.

Saat tertangkap, Zhang sebenarnya sudah mengundurkan diri dari Apple. Ia mengaku mau kembali ke China dan bekerja untuk perusahaan otomotif setempat, Xiaopeng Motors. Namun beberapa minggu sebelum kepindahannya, Zhang menunjukkan perilaku mencurigakan seperti semakin sering mengakses data di jaringan. Sebagai informasi, Zhang adalah salah satu engineer pengembangan Apple Car, sehingga ia memiliki akses ke berbagai dokumen rahasia Apple.

Apple sudah mengembangkan mobil pintarnya sejak tahun 2014. Dinamakan Project Titan, Apple bermaksud mengembangkan mobil listrik, baik untuk dirakit  sendiri atau bermitra dengan pabrikan mobil lain. Untuk mendukung inisiatif tersebut, mereka mempekerjakan 1000 engineer yang berpengalaman di dunia otomotif, termasuk mantan karyawan Tesla dan Toyota.

Namun setelah berjalan selama lima tahun, Apple kabarnya menyerah. Januari 2019 kemarin, Apple memberhentikan 200 engineer yang selama ini bekerja di Project Titan. Engineer yang tersisa juga telah dipindahkan ke divisi lain.