Find Us On Social Media :

Seberapa Cepat Jaringan Seluler Indonesia Dibanding Malaysia?

By Adam Rizal, Selasa, 5 Februari 2019 | 17:00 WIB

Seberapa Cepat Jaringan Seluler Indonesia dibanding Malaysia?

Perusahaan pengukur kualitas jaringan seluler Tutela mengungkapkan Malaysia meraih predikat negara dengan jaringan seluler yang cepat dan konsisten di Asia Tenggara. Bahkan, kualitas jaringan seluler melampaui Indonesia, Thailand dan Filipina.

Malaysia memiliki rata-rata kecepatan unduhan tercepat yakni 11,1Mbps, termasuk jaringan 3G maupun 4G. Skor terendahnya tercatat dimiliki oeprator U Mobile dengan kecepatan 4,3Mbps.

Sementara operator Malaysia lainnya memiliki kecepatan rata-rata 14,8Mbps untuk Celcom, 13,3Mbps untuk Maxis, dan 13.6Mbps untuk Maxi.

Beruntunglah!, Indonesia berada di posisi kedua dengan kecepatan rata-rata 8,3Mbps, Filipina berada di posisi ketiga dengan rata-rata 8,1Mbps dan Thailand mencatatkan rata-rata 6 Mbps sehingga berada di posisi keempat.

Untuk konsistensi, Tutela menguji seberapa sering jaringan seluler mencapai tolok ukur kecepatan 4Mbps (download) dan 2Mbps (upload) hingga latensi kurang dari 50 milidetik.

Malaysia kembali berada di posisi pertama dengan persentase 56,9% memenuhi tolok ukur yang ditentukan. Posisi kedua ditempati Thailand (45,3%), Indonesia (40,1%) dan Filipina (33,3%).

Seluruh operator Malaysia menempati konsistensi masing-masing 68,9% (Maxis) dengan kategori Sangat Baik, 61,6% (Celcom), 57,5% (DiGi) dan 33% (U Mobile).

"Malaysia memiliki kualitas konsistensi terbaik dibanding negara mana pun, dan skor Maxis sebesar 69% merupakan yang terbaik dari semua operator di wilayah ini," demikian keterangan laporan seperti dikutip ZDNet.

Di Indonesia, Telkomsel menempati posisi pertama dengan skor kualitas konsisten 57,8%. Kemudian, diikuti XL Axiata 45,9%, Indosat Ooredoo 35,3%, Tri Indonesia 34,4% dan Smartfren 32,6%.

"Telkomsel di Indonesia sudah banyak berinvestasi dalam infrastruktur 4G dan hasilnya jelas, para penggunanya memiliki jangkauan terbaik, kecepatan unduh dan kualitas yang konsisten di negara ini," lanjutnya.

Perusahaan telekomunikasi Filipina Smart meraih skor kualitas konsisten 48,8% dan Globe 23,8%. Di Thailand, TrueMove meraih skor konsistensi 49,3% berkat investasi spektrum 4G. DTAC meriah skor 45,6%, TOT 45% dan AIS 40,1%.

Hasil ini akan berbeda dengan perusahaan pengujian lainnya. Tutela sendiri menggunakan file 2MB untuk unduhan dan file 1MB untuk unggahannya. Tutela juga menggunakan software yang terpasang di lebih dari 3 ribu aplikasi mitra, guna merampungkan pengujian dengan ukuran sekitar 2MB.