Find Us On Social Media :

Rahasia Command Prompt Terbesar: Bisa Menonton film Star Wars

By Wisnu Nugroho, Selasa, 5 Februari 2019 | 21:18 WIB

Cara menonton Star Wars di Command Prompt

Bagi mayoritas pengguna Windows, fitur Command Prompt mungkin tak banyak disentuh. Maklum, command prompt pada dasarnya adalah aplikasi perintah berbasis teks yang membosankan.

Namun tahukah Anda jika Anda bisa menonton film Star Wars di command prompt? Cukup dengan mengetikkan dua baris perintah di command prompt, Anda bisa melihat film Star Wars Episode IV secara penuh.

Karena command prompt adalah aplikasi berbasis teks, tentu “film” Star Wars di sini bukan film betulan. Film tersebut pada dasarnya adalah film Star Wars yang diubah menjadi format asciii alias teks dan karakter biasa. Namun jangan khawatir. Semua detail film tersebut, mulai dari serangan The Imperial Force, penculikan Princess Leia, sampai usaha membebaskan sang ratu, bisa Anda dapatkan di film ascii tersebut.

Anda mungkin bertanya, kok bisa ada film Star Wars di command prompt? Sebenarnya, yang terjadi adalah kita streaming file tersebut dari sebuah situs bernama blinkenlights.nl. Untuk bisa melakukan streaming, kita harus memasang aplikasi TelnetClient dulu.

Jadi dua baris perintah pada dasarnya adalah 1). memasang telnet client, 2). streaming ke situs blinkenlights.nl.

Di pembukaan film, Sten Spans, administrator blinkenlights.nl, menyebut nama Simon Jansen dan Mike Edwards sebagai pembuat film Star Wars berformat ascii tersebut. Karena dua orang jenius (atau bisa juga disebut kurang kerjaan) inilah, Star Wars bisa ditonton di command prompt.

Berikut adalah cara menonton film Star Wars di command prompt. Catatan: Anda butuh koneksi internet untuk bisa menonton Star Wars ini.

  1. Buka Command Prompt (caranya dengan mengetikkan cmd di kolom Search)
  2. Ketik pkgmgr /iu:”TelnetClient”
  3. Masukkan password administrator jika diminta
  4. Tutup command prompt, lalu buka lagi
  5. Ketik telnet towel.blinkenlights.nl
  6. Anda pun bisa langsung menikmati filmnya

Untuk lebih mudah, Anda bisa melihat video tutorial di bawah ini.