Find Us On Social Media :

IBM serta McCormick & Company akan Gunakan AI dalam Penciptaan Perisa

By Cakrawala, Rabu, 6 Februari 2019 | 20:43 WIB

Bila Anda adalah orang yang mengikuti atau sering membaca berita mengenai smartphone, AI (artificial intelligence) belakangan sering digadang-gadang oleh produsen smartphone sebagai fasilitas unggulan produknya. AI kini memang sudah menjadi tren dan digunakan pada berbagai bidang. Nah, baru saja IBM serta McCormick & Company mengumumkan kolaborasinya perihal riset penggunaan AI dalam penciptaan perisa makanan. Nantinya pengembang produk perisa dari McCormick & Company akan bisa menggunakan bantuan AI dalam membuat perisa makanan baru sehingga lebih optimal.

"Penggunaan artificial intelligence oleh McCormick menunjukkan komitmen kami untuk inovasi yang digerakkan oleh insight dan pengaplikasian berbagai teknologi paling progresif untuk terus-menerus meningkatkan produk-produk kami dan membawa aneka perisa baru ke pasar," sebut Lawrence Kurzius (Chairman, President, and CEO, McCormick & Company).

McCormick menargetkan untuk meluncurkan platform produk pertamanya yang ditenagai AI pada pertengahan tahun 2019 ini. Platform yang diberi nama One ini menawarkan sejumlah bumbu instan seperti Tuscan Chicken dan New Orleans Sausage. Bumbu instan ini dibuat memanfaatkan ilmu pengetahuan dan data-data milik McCormick yang terkumpul selama lebih dari 40 tahun dengan bantuan AI.

Menurut IBM, mendesain perisa baru seperti yang dilakukan McCormick merupakan kegiatan yang sangat cocok dengan AI. Pasalnya membuat perisa baru membutuhkan pengembangnya untuk menentukan tidak hanya kombinasi bahan-bahan yang digunakan, melainkan juga komposisinya alias jumlah masing-masing bahan. Belum lagi diperlukan pengetahuan akan preferensi suatu rasa pada kelompok masyarakat yang menjadi target dan sejumlah hal lainnya. Dengan banyaknya data mengenai perisa yang dimiliki oleh McCormick, AI yang dikembangkan ini bisa mempelajari ratusan ribu rumus perisa dan ribuan bahan yang digunakan untuk membuat perisa, serta mengenali berbagai pola dan aneka kombinasi baru yang cocok untuk suatu tujuan desain. Dengan kata lain memungkinkan pengembang perisa membuat produk yang lebih optimal dengan waktu yang lebih optimal pula.

"Kolaborasi IBM Research dengan McCormick menggambarkan komitmen kami untuk membantu para klien dan partner kami mendorong inovasi pada berbagai industri," pungkas Kathryn Guarini (VP, Industry Research, IBM)