Find Us On Social Media :

Keren! Platform BaBe Siap Tayangkan Berita dari Seluruh Grid Network

By Rafki Fachrizal, Jumat, 8 Februari 2019 | 00:10 WIB

Keren! Platform BaBe Siap Tayangkan Berita dari Seluruh Grid Network

Banyaknya platform agregator berita yang ada saat ini, terkadang membuat sebagian orang galau untuk memilih platform mana yang tepat dijadikan sumber mendapatkan berita terbaru namun tetap terpercaya.

Jika Anda salah satu orang yang merasakan hal demikian, platform BaBe atau Baca Berita bisa menjadi solusi masalah tersebut. Sedikit penjelasan, BaBe sendiri merupakan aplikasi Android dan iOS yang menyajikan berita terpopuler dan terkini dari berbagai media yang ada di seluruh Indonesia.

Oh ya, di antara media tersebut, Grid Network merupakan salah satu media yang bekerjasama dengan BaBe. Jadi, pastinya di BaBe Anda akan menemukan berita-berita popular dari seluruh Grid Network yang jumlahnya lebih dari 30 portal online seperti Bobo.id, Hai, iDEA, Nova, Motorplus dan tentunya berita dari InfoKomputer juga ya.

Sebagai platform agregator berita terpercaya, setiap berita yang ditayangkan di BaBe telah melalui tahapan proses yang cukup ketat. Hal ini dilakukan lantaran untuk menghindari adanya berita hoax dan melanggar kaidah jurnalistik.

Dalam sharing session Grid Network dan BaBe yang digelar pada Kamis (07/02/18) di Kantor Kompas Gramedia Majalah, Kebon Jeruk, terungkap bagaimana cara kerja dari platform BaBe dalam mengagregasi atau mengumpulkan artikel yang diproduksi dari berbagai portal online yang ada di Grid Network.

Indira Melik selaku Content Operational Manager BaBe, mengatakan bahwa BaBe memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) untuk memfilter berita sebelum ditayangkan di platform tersebut.

“Pertama, proses aggregate yaitu mengumpulkan artikel/video/konten gambar. Lalu, mengategori dan menyaring dengan model AI dan proses review yang kembali dilakukan oleh manusia. Kemudian, tahap terakhir yaitu menyajikan konten personalisasi untuk masing-masing pengguna dengan menggunakan sistem rekomendasi,” ujar Indira.

“Kami menggunakan AI sebagai solusi dari masalah-masalah yang sangat spesifik, yang sulit diselesaikan oleh manusia. Pengaplikasian AI kami didukung oleh data processing pipeline yang cepat dan berskala tinggi. AI memang bukan solusi untuk semua permasalahan, tetapi dapat mengurangi beban manusia secara signifikan,” tambah Indira.

Selain berita, komentar setiap pembaca di BaBe juga mendapatkan filter guna mengantisipasi adanya komentar negatif seperti bersifat provokatif atau ujaran kebencian. Proses filter yang dilakukan juga tak jauh berbeda seperti dalam memfilter berita. Dengan campur tangan AI, BaBe akan langsung mengambil tindakan ketika ada komentar yang berbau unsur negatif.

Lebih lanjut, Indira juga mengklaim bahwa terdapat hampir 6 juta pengguna aktif yang mengakses aplikasi BaBe. “Rata-rata, para pembaca di BaBe itu menghabiskan waktu 33 menit dalam satu hari,” ucap Indira.

Untuk rentang usia sendiri, Indira mengungkapkan bahwa sebagian besar adalah generasi milenial dengan rentang usia dari 18 hingga 34 tahun (63%). Sedangkan secara lokasi, yang mendominasi masih berasal dari wilayah Jabodetabek, Surabaya, Medan dan beberapa kota lainnya.

Sekedar informasi, sampai saat ini aplikasi BaBe sudah diunduh oleh lebih dari 30 juta pengguna smartphone Android . Jadi, dengan jumlah pengguna yang banyak tersebut pastinya sudah banyak pengguna BaBe yang mendapatkan berita berkualitas dari Grid Network, termasuk berita teknologi terkini dari InfoKomputer.