Find Us On Social Media :

Synology Hadirkan DiskStation DS1019+ untuk Bisnis Skala Kecil

By Cakrawala, Senin, 18 Februari 2019 | 16:01 WIB

Synology minggu ini telah mengumumkan kehadiran produk NAS barunya di dunia yang diberi nama DiskStation DS1019+. NAS baru tersebut ditujukan untuk bisnis skala kecil maupun SOHO (small office/home office) dan memiliki lima drive bay. Jumlah drive bay ini bisa ditambah menjadi sepuluh dengan bantuan unit ekspansi. Tak hanya kemudahan penambahan HDD sejalan dengan perkembangan bisnis dari usaha, Synology DiskStation DS1019+ juga mendukung berbagai fitur lain yang memudahkan pebisnis menjalankan usahanya.

"Untuk para pengguna profesional rumahan atau SOHO, mereka selalu kesulitan untuk menemukan sebuah server NAS yang memberikan kinerja, skalabilitas, dan kemampuan penerapan yang luar biasa di waktu yang sama. DS1019+ menghilangkan seluruh kekhawatiran Anda dengan sebuah desain sasis yang ringkas," ujar Kevin Meng (Product Manager, Synology Inc).

Beberapa fitur yang ditawarkannya itu seperti dukungan SSD untuk cache dan dukungan untuk berfungsi sebagai server multimedia 4K. Synology DiskStation DS1019+ menyediakan dua slot M.2 yang mendukung PCI-Express alias NVMe. SSD yang biasanya berharga lebih tinggi dari HDD untuk kapasitas yang sama, memiliki kinerja yang umumnya lebih tinggi dari HDD. Kombinasi ini membuatnya cocok dijadikan cache untuk mengakselesari kinerja dari kumpulan HDD yang dipasangkan. Apalagi antarmuka PCI-Express memungkinkan kinerja yang jauh lebih tinggi dari antarmuka SATA yang disediakan untuk HDD yang menjadi media simpan utama.

Sementara server multimedia 4K memungkinkan Synology DiskStation DS1019+ untuk melakukan transcoding konten dengan resolusi Ultra HD 3.840 x 2.160 piksel yang populer disebut 4K secara on the fly. Tujuannya agar perangkat yang tidak mendukung pemutaran konten 4K bersangkutan secara langsung bisa memainkan konten yang telah di-transcode tersebut. Synology bahkan mengklaim DiskStation DS1019+ bisa melakukan dua transcoding sekaligus. Adapun codec yang didukung mencakup H.264/H.265.

Seperti NAS pada umumnya, Synology DiskStation DS1019+ juga mendukung RAID. RAID yang didukung adalah RAID 0, RAID 1, RAID 5, RAID 6, dan RAID 10. NAS ini mendukung pula JBOD dan Synology Hybrid RAID. SoC yang digunakan Synology DiskStation DS1019+ sendiri adalah Intel Celeron J3455, yang dibantu memori utama kanal ganda 8 GB (2 x 4 GB). Kapasitas total HDD yang didukung secara resmi adalah 70 TB (5 x 14 TB) dan ukuran maksimal dari sebuah volume tunggal adalah 108 TB.