Find Us On Social Media :

SD Association Umumkan microSD Express yang Mungkinkan Kinerja Tinggi

By Cakrawala, Selasa, 26 Februari 2019 | 19:03 WIB

Kartu micro-SD merupakan salah satu kartu memori yang umum digunakan di berbagai perangkat mobile seperti smartphone. Kecepatan yang diusung oleh kartu micro-SD ini telah mengalami banyak peningkatan. Bahkan, setidaknya sebagian smartphone masa kini bisa menggunakan kartu micro-SD yang sesuai untuk menambah kapasitas media simpan utamanya. Tidak tinggal diam, SD Association pun terus mengembangkan kecepatan kartu micro-SD dan mengumumkan microSD Express. microSD Express yang merupakan bagian dari SD7.1 specification memungkinkan kecepatan transfer data sampai 985 MB/s. Sekadar informasi, UHS-I yang hadir di banyak kartu micro-SD saat ini memungkinkan transfer data sampai 104 MB/s.

"microSD Express memberikan industri mobile sebuah pilihan baru yang menarik untuk melengkapi perangkat mobile dengan SSD removable," ujar Hiroyuki Sakamoto (SDA President). "SD7.1 menyiapkan para konsumen dan produsen perangkat mobile memenuhi permintaan akan media simpan yang terus meningkat untuk tahun-tahun yang akan datang," tegasnya lagi.

Untuk mencapai kecepatan transfer data yang lebih tinggi tersebut, microSD Express menggunakan PCI-Express 3.1. PCI-Express Gen 3 memang memiliki bandwidth teoritis maksimal sekitar 985 MB/s. Selain itu, microSD Express juga menggunakan NVMe yang memang dirancang antara lain untuk NAND flash memory yang umum digunakan pada SSD dan kartu memori. Sebelumnya, kecepatan transfer data tertinggi yang dimungkinkan dari kartu micro-SD adalah 624 MB/s yang ditawarkan oleh UHS-III.

Secara fisik, microSD Express menghadirkan pin tambahan yang digunakan untuk melakukan koneksi memanfaatkan PCI-Express 3.1. Oleh karena itu, kartu microSD Express tetap kompatibel dengan spesifikasi sebelumnya. Dengan kata lain kartu microSD Express tetap bisa terhubung dengan card reader/writer yang belum mendukung microSD Express.

Kinerja yang tinggi ini tentu sejalan dengan kapasitas kartu micro-SD yang makin besar. Memindahkan data berukuran besar menggunakan kecepatan tranfser data yang rendah akan memakan waktu yang lebih lama dan bisa mengurangi kenyamanan pengguna. Namun, kecepatan dari suatu kartu micro-SD sendiri juga bergantung pada flash memory dan controller yang digunakan. Jadi, sesama kartu microSD Express tidak mesti memiliki kecepatan yang sama.