Find Us On Social Media :

Spesifikasi USB4 dengan Kecepatan Lebih Tinggi akan Terbit Tahun Ini

By Cakrawala, Selasa, 5 Maret 2019 | 19:58 WIB

Setelah USB Implementer Forum (organisasi yang bertanggung jawab memastikan adopsi teknologi USB sesuai dengan spesifikasinya) mengumumkan skema penamaan baru dari USB, USB Promoter Group (organisasi yang bertanggung jawab mengembangkan spesifikasi USB) mengumumkan pula perihal USB4. USB4 ini akan menawarkan kecepatan lebih tinggi lagi dan menariknya dilandaskan pada Thunderbolt. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kompatibilitas ke USB versi sebelumnya tetap tersedia. Spesifikasi USB baru ini ditargetkan akan diterbitkan pada pertengahan tahun 2019.

"Tujuan utama dari USB adalah adalah untuk menghantarkan pengalaman pengguna yang paling baik mengombinasikan data, displai dan penghantaran daya melalui sebuah solusi kabel dan konektor yang mudah digunakan dan tangguh," ujar Brad Saunders (Chairman, USB Promoter Group). "Solusi USB4 secara spesifik menyesuaikan operasi dari jalur untuk meningkatkan lebih jauh pengalaman ini dengan mengoptimalkan campuran dari data dan displai melalui sebuah koneksi tunggal dan memungkinkan penggandaan kinerja lebih jauh," sebutnya lagi.

Thunderbolt sendiri dikembangkan oleh Intel. Namun relatif bersamaan dengan pengumuman ini, Intel juga mengumumkan bahwa ia telah menyumbangkan spesifikasi protokol Thunderbolt kepada USB Promoter Group.

“Melepaskan spesifikasi protokol Thunderbolt adalah sebuah milestone yang signifikan untuk membuat porta saat ini yang paling simpel dan paling serba guna tersedia untuk semua orang,” ucap Jason Ziller (General Manager, Client Connectivity Division, Intel).

Berlandaskan Thunderbolt 3, USB4 akan bisa menawarkan kecepatan maksimal sebesar 40 Gbps. Selain itu, Thunderbolt 3 juga mendukung DisplayPort 1.2 sehingga USB4 juga akan bisa mentransmisikan data visual untuk displai memanfaatkan protokol tersebut.

USB Promoter Group menyebutkan pula akan melakukan pembaharuan terhadap spesifikasi USB Type-C-nya. USB4 tentunya akan memanfaatkan USB Type-C ini. Bersama USB Power Delivery, penggunaan USB Type-C sebagai porta untuk banyak keperluan makin mendekati kenyataan.